facebook

Beberapa Manfaat Daun Ketela Rambat bagi Tubuh

Mariyatul Qibtiyah
Beberapa Manfaat Daun Ketela Rambat bagi Tubuh

Ada yang pernah makan brambang asem? Masakan dari daun ketela rambat yang direbus ini rasanya sangat lezat. Daun ketela rambat yang sudah direbus, dicocol dengan sambal yang terbuat dari bawang merah (brambang), cabe, asam matang (asem), gula merah, dan garam. Perpaduan rasa asam, pedas, dan manis gula merah membuat masakan ini terasa segar.

Ternyata, selain lezat, daun ketela rambat juga memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita. Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika mengonsumsi daun ketela rambat.

Disadur dari hellosehat, berikut manfaat daun ketela rambat bagi tubuh:

Pertama, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebab, daun ini memiliki kandungan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kedua, mempertahankan kepadatan tulang. Hal itu karena daun ketela rambat mengandung Vitamin K sangat penting dalam penambahan kalsium saat pertumbuhan tulang. Mengonsumsi daun ketela rambat ini dapat meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang bagi wanita yang telah mengalami menopause.

Ketika, mengurangi rasa sakit saat haid. Kandungan vitamin K juga berperan dalam mengatur fungsi hormon untuk meredakan nyeri saat haid. Di samping itu juga berfungsi dalam membekukan darah serta mencegah pendarahan saat haid. Karena itu, mereka yang kekurangan vitamin K akan merasakan nyeri haid yang lebih parah dibandingkan dengan mereka yang cukup mendapat asupan vitamin K.

Keempat, membantu proses pembekuan darah. Vitamin K dalam daun ketela rambat juga membantu proses pembekuan darah pada luka.

Kelima, daun ketela rambat juga membantu meningkatkan kemampuan penglihatan mata. Vitamin A, dan beberapa vitamin lain yang terkandung di dalamnya membantu tubuh mengurangi kemungkinan degenerasi makula hingga sebesar 25%.

Keenam, menyehatkan kulit dan rambut. Di samping berguna dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A juga dibutuhkan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A sangat penting dalam regenerasi kulit. Daun ini juga memproduksi kolagen yang sangat berguna dalam membuat rambut berkilau.

Demikianlah, beberapa manfaat dari daun ketela rambat bagi tubuh manusia. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak