facebook

Bukan sekadar Kegiatan, Ini 5 Manfaat Berkebun

Mariyatul Qibtiyah
Bukan sekadar Kegiatan, Ini 5 Manfaat Berkebun
Ilustrasi berkebun (Pexels.com/cottonbro)

Setiap orang pasti memiliki hobi. Ada yang memiliki hobi memasak, membuat handicraft, fotografi, berkebuntravelling, dan sebagainya. Biasanya, mereka menyalurkan hobi untuk mengisi waktu luang. Hobi yang bermanfaat akan membawa kebaikan bagi seseorang. Bahkan, bisa juga membawa kebaikan bagi orang lain.

Salah satu hobi yang bermanfaat adalah berkebun. Nah, apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari hobi berkebun? 

1. Menghilangkan stres dan kejenuhan

Saat seseorang menyalurkan hobi, ia akan merasa senang dan gembira. Demikian pula jika kita menyalurkan hobi berkebun. Sebab, hal itu merupakan hal yang kita sukai. Rasa senang dan gembira ini akan mampu menghilangkan kelelahan pikiran. Dengan demikian, mampu membuang rasa jenuh maupun stres pada diri kita, akibat tekanan pekerjaan atau yang lainnya. Maka, pikiran akan segar kembali sehingga kita pun siap beraktivitas lagi.

2. Menyehatkan tubuh

Berkebun membuat kita bergerak. Saat berkebun, kita akan memotong ranting atau dahan yang berlebihan, menyiangi rumput atau tanaman lain yang mengganggu. Mungkin, kita juga akan menggali tanah untuk menanam tanaman yang baru. Semua ini mengharuskan kita untuk bergerak. Bukan hanya tangan kita, tetapi mungkin juga seluruh tubuh kita. Gerakan ini akan membuat kalori dalam tubuh akan terbakar. Maka, kita akan lebih sehat karena kalori itu tidak menumpuk menjadi lemak 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat berkebun, kita akan bersentuhan langsung dengan tanah. Hal ini membuat kita terpapar jutaan bakteri dan kuman yang berada di tanah. Ini akan membangun kekebalan tubuh kita. 

Di samping itu, berkebun akan membuat kita terkena sinar matahari. Jika kita berkebun di pagi hari, sinar matahari itu akan menjadi sumber vitamin D bagi tubuh kita.

4. Meningkatkan fungsi otak

Berkebun secara teratur akan merangsang fungsi otak. Hal ini akan mengurangi risiko terkena penyakit demensia. Yakni, penyakit berupa gangguan pada fungsi otak, seperti penurunan fungsi otak.

5. Menghemat uang belanja

Ini, jika kita berbagai macam sayuran dan bumbu dapur. Misalnya bayam, sawi, selada, tomat, cabe, jahe, kunyit, dan sebagainya. Dengan menanamnya sendiri, kita tidak perlu membeli saat membutuhkan. Tinggal memetiknya dari kebun sendiri. Di samping semuanya masih segar, kita juga merasa puas karenanya. Apalagi, jika kita bisa berbagi dengan tetangga. Tidak hanya berhemat, kita juga dapat pahala dari sana.

Inilah lima manfaat yang dapat kita peroleh dari hobi berkebun. Nah, tunggu apalagi? Yuk, berkebun!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak