facebook

3 Olahan Timun Krai yang Menyegarkan, Cobain Deh!

Mariyatul Qibtiyah
3 Olahan Timun Krai yang Menyegarkan, Cobain Deh!
Timun Krai (Doc.Pribadi/qibtiyah)

Sekolah Dasar Negeri tempat saya menuntut ilmu dulu, terletak beberapa ratus meter dari pasar desa. Karena itu, tidak jarang saya dan beberapa teman pergi ke pasar setelah pelajaran olah raga. Biasanya, saya membeli es cincau hitam (es cao) atau timun krai. Maklumlah, habis berolahraga membuat saya ingin menikmati yang segar-segar. 

Timun krai merupakan salah satu jenis sayuran. Bentuknya mirip dengan mentimun. Namun, rasa dan warnanya agak berbeda. Warna timun krai ada yang hijau muda dan ada pula yang hijau tua. Timun krai berwarna hijau muda memiliki garis-garis halus dengan hijau yang lebih tua. Sedangkan yang berwarna hijau tua mempunyai garis-garis hijau muda. Daging timun krai juga lebih tebal dan rasanya lebih manis jika dimasak.

Di samping enak, ternyata timun krai juga memiliki banyak manfaat. Kandungan seratnya yang tinggi dan kadar lemaknya yang rendah, cukup bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Di samping itu, kandungan airnya yang tinggi membuat timun krai bagus untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi serta membuang racun dari dalam tubuh.

Timun krai dapat dimakan langsung sebagai lalapan bersama sambal tomat atau sambal terasi. Namun, ada beberapa olahan timun krai yang menyegarkan yang bisa dijadikan sebagai alternatif camilan. Nah, inilah beberapa olahan timun krai yang bisa Anda coba di rumah.

1. Rujak

Timun krai sangat cocok dijadikan bahan rujak. Baik itu rujak manis maupun rujak uleg dengan dengan bumbu kacang. Nah, Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan lain, seperti nanas, kedondong, mangga, atau yang lainnya. Apalagi, jika dilengkapi dengan tahu dan tempe goreng, serta kerupuk. Rasanya sangat segar. Sangat cocok dinikmati di siang hari yang panas.

2. Sayur Asem

Timun krai juga enak jika diolah menjadi sayur asem. Biasanya, untuk diolah menjadi sayur asem, timun krai dicampur dengan kacang panjang atau daun ketela rambat.

3. Pecel

Untuk diolah menjadi pecel, timun krai biasanya direbus terlebih dahulu. Krai yang direbus disebut bendoyo. Bendoyo kemudian dicampur dengan sayuran lain, seperti daun kangkung, daun ketela rambat, kecambah, dan lainnya.

Inilah beberapa olahan timun krai yang menyegarkan dan mudah diolah. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak