facebook

Panas Dalam, Segera Atasi dengan 4 Cara Alami Ini

Rosi be faro
Panas Dalam, Segera Atasi dengan 4 Cara Alami Ini
Ilustrasi panas dalam (freepik/fathorr)

Saat mengalami panas dalam, tubuh seakan terasa kurang nyaman serta disertai dengan beberapa gejala seperti mulut kering, sariawan serta tenggorokan kering. Cuaca panas serta kurang asupan cairan membuat tubuh semakin terasa panas. Selain itu, panas dalam juga terjadi karena adanya infeksi bakteri serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas maupun yang asam-asam.

Maka dari itu, agar panas dalam segera reda segera atasi dengan beberapa cara alami.

Merangkum dari hellosehat, ini empat cara alami untuk mengatasi panas dalam:

1. Berkumur-kumur dengan air garam

Air garam terbukti ampuh untuk mengatasi panas dalam karena adanya bakteri maupun kuman yang terdapat pada mulut atau tenggorokan. Caranya Anda cukup berkumur dengan air garam yakni dengan menyediakan air satu gelas sebanyak 240 ml dan dicampurkan dengan garam satu sendok saja. Setelah itu, kumur-kumur air garam tersebut dengan cara mendongak dan tunggu sampai beberapa detik lalu buang air garam tersebut. Lakukan langkah tersebut beberapa kali sampai keadaan Anda mulai mendingan.

2. Jadikan campuran lemon, jahe, dan madu sebagai obat kumur

Cara yang kedua untuk mengatasi panas dalam adalah dengan mencampurkan lemon, jahe, dan madu untuk dijadikan obat kumur. Diketahui bahwa ketiga bahan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam bakteri terutama di mulut dan tenggorakan.

Anda bisa mencampurkan ketiga bahan tersebut dengan setengah gelas air putih dengan satu sendok teh bubuk jahe, setengah air perasan lemon, dan madu satu sendok saja. Setelah semua ditercampur kemudian kumurlah dengan cara mendongak dan lakukan sampai beberapa detik lalu dibuang. Lakukan langkah tersebut sampai Anda merasa mendingan.

3. Buat ramuan dari garam, daun sirih, dan jeruk nipis

Cara alami mengatasi panas dalam selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan garam, daun sirih serta jeruk nipis. Ketiga bahan ini cukup ampuh mengatasi bakteri yang ada dimulut serta tenggorokan karena panas dalam.

4. Minum segelas teh dengan campuran kayu manis

Kayu manis dikenal dengan kandungan antioksidan serta antibakteri yang sangat tinggi. Sehingga dengan mencampurkannya dalam teh hangat mampu meredakan mulut dan tenggorokan kering  karena panas dalam.

Itulah empat cara alami untuk mengatasi panas dalam. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak