facebook

Sering Begadang, Ini 5 Dampak Buruk yang Menanti

Rosi be faro
Sering Begadang, Ini 5 Dampak Buruk yang Menanti
Ilustrasi tidur (Unsplash)

Begadang merupakan aktifitas yang tidak tidur dan terjaga sepanjang malam dan biasanya menjelang pagi hanya tidur sebentar. Jika kebiasaan tidak tidur sepanjang malam alias begadang dilakukan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas serta penyakit jantung.

Pada normalnya, orang dewasa harus mencukupi tidurnya minimal 7-9 jam perhari, agar terhindar dari yang namanya keletihan dan kelelahan. Selain beberapa gangguan di atas, ternyata sering begadang juga memiliki efek negatif yang lain. Merangkum dari Alodokter, berikut lima efek buruk dari sering begadang.

1. Penuaan dini

Jika Anda sering begadang, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon stres yang dapat merusak kolagen pada kulit. Sehingga kulit akan lebih kusam dan cepat kering. Selain itu, sering begadang juga membuat penampilan di sekitar wajah, utamanya area mata akan tampak lingkaran hitam.

2. Mudah lupa

Efek buruk selanjutnya dari begadang adalah Anda akan mudah lupa. Saat tidur tubuh akan meregenerasi semua jaringan dan sel yang ada di otak. Jika kurang tidur, maka tidak akan ada proses regenerasi pada otak sehingga otak akan mudah lupa dan kesulitan melakukan konsentrasi

3. Penurunan gairah seksual (libido)

Saat tubuh keletihan akibat sering begadang maka gairah seksual juga akan menurun. Dibutuhkan tubuh yang bugar untuk meningkatkan gairah bercinta Anda yakni dengan rutin tidur dan kurangi begadang.

4. Peningkatan risiko gangguan mental

Sering begadang juga berisiko pada gangguan mental seperti kecemasan bahkan depresi. Bahkan dalam riset, kurang tidur juga membuat fungsi otak rentang mengalami kerusakan dan juga akan mengalami insomnia.

5.  Penurunan sistem imunitas tubuh

Efek berikutnya yakni menurunnya sistem daya tahan pada tubuh. Kurangnya tidur pada malam hari akibat begadang membuat Anda akan mudah terserang penyakit.  Hal ini dikarenakan sistem imun mulai melemah. Agar imun Anda kembali kuat, segera atur pola hidup ada terutamanya tidur dengan cukup.

Itulah lima efek buruk jika Anda terlalu sering begadang pada malam hari. Kurangi begadang dan atur pola hidup yang sehat agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak