facebook

Selain Obat, Berikut 4 Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak

Rosi be faro
Selain Obat, Berikut 4 Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak
Ilustrasi batuk (Unsplash)

Batuk merupakan sebuah reflek akibat adanya iritasi atau untuk mengeluarkan benda asing serta lendir yang ada di tenggorokan. Batuk memang sangat mengganggu aktifitas, apalagi kalau Anda mengalami batuk berdahak di mana lendir serasa menyangkut di tenggorokan. Hal itu pasti membuat Anda tidak nyaman. Agar batuk bisa teratasi, Anda bisa terlebih dahulu menggunakan cara alami atau obat alami untuk mengatasinya.

Merangkum dari sehatq, berikut empat cara alami mengatasi batuk berdahak.

1. Pakai humidifier

Pakai humidifier bisa menjadi solusi untuk meringankan gelaja batuk berdahak Anda. Humidifier yang bekerja untuk melembapkan suhu udara ini juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi karena udara yang kering.

2. Minum air putih hangat

Jika sedang mengalami batuk berdahak, Anda bisa minum dengan minuman yang hangat. Sebaiknya Anda sesering mungkin minum air putih hangat untuk meredakan gejala batuk berdahak. Air putih hangat mampu untuk mengeluarkan dahak serta lendir yang ada di tenggorokan. Selain rutin minum air hangat, Anda bisa juga mengkonsumsi makanan yang serba hangat seperti salah satunya yakni sup.

3. Kumur air garam

Cara selanjutnya untuk mengatasi batuk berdahak secara alami yakni berkumur menggunakan air garam. Ya, air garam mampu membunuh bakteri dan mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokan. Anda bisa kumur air garam. Caranya cukup mudah, yakni mencampurkan setengah sendok garam dengan air putih hangat satu cangkir saja. Lalu kemudian aduk hingga merata dan kumur dengan mendongakkan kepala, lalu buang. Lakukan langkah tersebut secara rutin hingga kondisi Anda merasa lebih baik lagi.

4. Gunakan obat alami batuk berdahak

Selanjutnya, jika  sedang mengalami batuk berdahak, Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur seperti misal jahe. Selain jahe, ada juga bahan alami lain yang juga mampu mengatasi batuk berdahak seperti madu, lemon, serta buah nanas. Bahan-bahan tersebut bisa Anda gunakan untuk meringankan gejala batuk berdahak.

Itulah empat cara alami untuk mengatasi batuk berdahak. Namun jika batuk berdahak Anda tidak juga kunjung sembuh, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak