facebook

Kaya Manfaat, Berikut 8 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Fatson Tahya
Kaya Manfaat, Berikut 8 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan
Ilustrasi buah delima (freepik)

Buah delima yang mempunyai nama latin Punica granatum merupakan tanaman buah yang saat ini sudah termasuk langka dan jarang ditemui, tanaman ini bisa tumbuh tinggi mencapai 5-8 meter. Tanaman buah delima diperkirakan berasal dari Iran, buah delima kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan, dirangkum dari hellosehat berikut ini 7 manfaat buah delima bagi kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah

Buah delima yang diolah menjadi jus mempunyai kandungan antioksidan polifenol yang kaya, zat ini berguna untuk melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Studi meta-analisis yang ada pada jurnal Pharmacological Research menemukan bahwa jika rutin meminum jus buah delima dapat bermanfaat menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

1 buah delima dapat menyediakan 40% kebutuhan vitamin C, tidak hanya itu kandungan anioksidan pada buah delima juga berfungsi melindungi tubuh dari infeksi yang berkaitan dengan dialisis atau penyakit ginjal serta komplikasi penyakit kardiovaskular.

Antioksidan yang kuat pada buah delima juga dapat melawan peradangan di seluruh tubuh, mencegah stres oksidatif, dan kerusakan akibat radikal bebas.

3. Meringankan arthritis serta nyeri persendian

Buah delima mempunyai sifat anti peradangan yang berguna untuk mengatasi arthritis da nyeri persendian, dikutip juga dari The Journal Of Nutrition, antioksidan flavonoid yang ada pada biah delima bermanfaat menghambat peradangan penyebab osteoarthritis serta kerusakan tulang rawan.

4. Melawan infelsi virus dan bakteri

Sifat anti-bakteri dan anti-virus terkandung dalam buah delima sehingga bermanfaat untuk mencegah infeksi serta penyakit. Buah delima yang memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur dapat melindungi mulut dari infeksi dan peradangan seperti kondisi gingivitis, periodontitis, serta denture stomatitis. Buah delima juga mempunyai manfaat nyata pada beberapa jenis bakteri seperti Candida albicans penyebab infeksi vagina.

5. Mencegah kanker

Jurnal Molecules memaparkan kandungan buah delima yang bisa untuk mencegah kanker, kandungan zat tertentu pada buah delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker prostat, bahkan bisa mematikan sel kanker (apoptosis). Buah delima juga dapat mencegah serta menghancurkan sel kanker payudara.

6. Menurunkan dan mencegah risiko Alzheimer

Buah delima dapat membantu penajaman memori verbal dan visual pada lansia, dengan manfaat buah delima ini maka risiko Alzheimer bisa diturunkan dan bisa dicegah.

7. Meningkatkan gairah seks dan kesuburan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah delima dapat meredam stres oksidatif, stres oksidatif dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma dan menurunkan kesuburan wanita. Buah delima juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita yang menjadi faktor utama pemicu gairah seks

8. Menjaga berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada buah delima, serat adalah nutrisi paling penting untuk menjaga berat badan sehat, serat juga dapat bermanfaat menjaga kondisi untuk kenyang lebih lama.

Itulah delapan manfaat dari buah delima, buah ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak