facebook

Bisa dimakan, 5 Manfaat Biji Semangka yang Mampu Bantu Mencerahkan Wajah

Eunoia Yahya
Bisa dimakan, 5 Manfaat Biji Semangka yang Mampu Bantu Mencerahkan Wajah
ilustrasi semangka (unsplash /@flohmaier)

Semangka atau yang memiliki nama binomial Citrullus lanatus, merupakan tanaman merambat dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan, yang kini sudah banyak dibudidayakan diberbagai wilayah. Masih berkerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun, semangka juga dapat dipanen buahnya untuk dimakan secara langsung.

Namun sayangnya sebagian orang hanya menyukai daging buahnya saja, yang sudah terkenal lezat dan menyegarkan. Tanpa tau bahwa biji semangka ternyata dapat dimakan, loh. Bahkan mengandung banyak nutrisi yang rendah akan kalori, namun tinggi mikronutrien didalamnya, seperti magnesium, besi, dan zinc.

Dirangkum dari sehatq dan klikdokter, berikut beberapa manfaat biji semangka yang baik untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Si kecil biji semangka ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung, kandungan potasium dan magnesium didalamnya dapat melindungi fungsi jantung agar dapat tetap bekerja dengan baik dan normal.

Mineral magnesiumnya dapat menjaga tingkat tekanan darah dan mendukung proses metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu mengatur dan menjaga tekanan kadar cairan darah dalam tubuh.

2. Mencerahkan wajah

Mengonsumsi biji semangka juga dapat memberikan manfaat bagi kecantikan, serta membantu mencegah dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, wajah kering dan kusam, bahkan hingga penuaan dini. Sebab kandungan magnesium, zinc, dan antioksidannya yang cukup tinggi.

3. Menjaga kesehatan massa otot

Protein dalam biji semangka dapat membantu meningkatkan massa otot. Juga kandungan mineral seperti, potasium, tembaga dan mangan didalamnya dapat memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang. Serta mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

Sehingga biji semangka ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

4. Menjaga berat badan

Memiliki kandungan kalori yang rendah, namun kaya akan protein membuat Anda yang rutin mengonsumsi biji semangka akan merasakan lebih lama kenyang dan lebih bisa menekan nafsu untuk tidak terus makan. Sehingga biji semangka sangat cocok dijadikan cemilan bagi mereka yang sedang menerapkan diet vegan.

5. Menyehatkan rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat biji semangka yang terakhir juga sangat baik untuk rambut, sebab kandungan mikronutrien yang cukup tinggi didalamnya.

Seperti protein, magnesium dan zinc, yang dapat membantu pertumbuhan rambut, mencegah ujung rambut bercabang dan batang rambut menjadi rusak. Juga untuk meningkatkan produksi melanin agar rambut menjadi lebih halus dan berkilau.

Untuk mengonsumsi biji semangka anda dapat mengolahnya menjadi cemilan menyehatkan sepeti kuaci biji semangka, dengan memanggangnya didalam oven selama 15 menit pada suhu berkisar diantara 162-163 celcius. Lalu setelah terpanggang sempurna seutuhnya, anda dapat langsung menambahkannya dengan bumbu penyedap seperti garam, minyak zaitun, gula, jeruk nipis, bubuk cabai, maupun kayu manis agar rasanya semakin gurih. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak