facebook

5 Faktor Penyebabkan Pipi Tembem, Ayo Ketahui Penyebabnya

Zahrin Nur Azizah
5 Faktor Penyebabkan Pipi Tembem, Ayo Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi Wanita Menutupi Pipinya. (Pexels/Monstera)

Tidak semua orang senang memiliki pipi tembem atau sebutan lainnya chubby. Bagi mereka timbunan lemak di pipi harus segera di hilangkan atau paling tidak ditutupi agar wajah tidak terlihat membulat atau seperti huruf “U”.

Banyak yang mengetahui bahwa penyebab pipi chubby yaitu karena kelebihan berat badan. Yah, itu memang benar. Bagi sebagian orang jika mengalami kenaikan berat badan, biasanya ditandai dengan pipi yang mulai terlihat berisi. Hal ini dikarenakan terjadi penambahan lemak berlebih sehingga mengalami penumpukan di seluruh bagian tubuh dan salah satunya di pipi.

Namun penyebab pipi tembem tidak hanya karena berat badan yang naik. Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab pipimu terlihat tembem. Yuk, simak saja pembahasannya di bawah ini!

1. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Pemilihan menu makanan juga bisa menjadi penyebab pipi chubby. Jika kamu termasuk orang yang sering makan makanan berkabohidrat atau makanan yang berlemak, maka jangan heran jika kamu mudah mengalami kegemukan. Kamu boleh saja setiap hari makan nasi atau roti tawar, namun juga jangan berlebihan.

Sesuaikan porsimu dan jangan sampai kekenyangan. Kelebihan karbohidrat dan lemak dalam tubuh akan disimpan dalam seluruh tubuh dan salah satunya di pipi.

2. Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh secara otomatis akan menyimpan cairan sebanyak mungkin dalam tubuh. Salah satu bagian tubuh untuk menyimpan cadangan cairan adalah di pipi. Inilah yang menyebabkan pipi terlihat membulat atau tembem.

3. Kurang Olahraga

Tubuh yang kurang bergerak memudahkan penimbunan lemak di seluruh bagian tubuh. Jika tubuh dibuat banyak bergerak seperti berolahraga, maka lemak akan digunakan sebagai energi tambahan untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh.

Nah, beda lagi jika kamu malas berolahraga. Lemak yang sudah ada pada tubuh akan terus menetap atau malah terus bertambah. Alhasil terjadi penimbunan lemak di seluruh tubuh termasuk diantaranya pada wajah. 

4. Konsumsi Garam Secara Berlebih

Jika kamu ingin pipimu terlihat kurus, maka kamu harus menghindari makanan yang mengandung banyak garam. Alasannya adalah kandungan natrium pada garam akan mengikat banyak air dalam tubuh, termasuk pada bagian wajah. Sehingga inilah yang membuat pipi terlihat lebih bulat atau tembem.

5. Cushing Syndrome

Sindrom ini muncul ketika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol (steroid). Efek samping dari kelebihan hormon ini adalah pipi yang akan terlihat membengkak karena adanya timbunan lemak di bawah pipi.

Tidak hanya pada pipi saja, penumpukan lemak ini bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, perut, dan wajah. 

Banyak diantara mereka yang memiliki pipi tembem atau chubby merasa minder dengan penampilan wajah mereka. Tidak sedikit dari mereka yang berusaha untuk menutupinya.

Langkah yang benar untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui apa penyebabnya dan berusaha untuk mengatasinya. Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu cara terbaik. Selain mendapatkan tubuh yang ideal, tubuhmu juga akan menjadi lebih sehat.

Sumber:

https://www.honestdocs.id/18-penyebab-pipi-tembem#:~:text=Kelebihan%20berat%20badan%20adalah%20salah,seiring%20dengan%20bertambah%20gemuknya%20badan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak