facebook

Rekomendasi Makanan Berbuka Puasa untuk Penderita Maag

Esti Nur Prasetyaningsih
Rekomendasi Makanan Berbuka Puasa untuk Penderita Maag
Ilustrasi Oatmeal.(Pexels/Mike)

Kuliner khas Ramadhan memang banyak ragamnya. Mulai dari makanan pedas, asam, gurih, panas atau dingin hingga yang berbahan santan. Buat sebagian orang tidak ada masalah mengonsumsi makanan tersebut tapi tidak bagi penderita maag.

Penderita maag sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lebih lunak, sehingga lebih mudah dicerna dan tidak memberatkan beban kerja lambung. Untuk itu, memperhatikan menu makanan saat sahur dan buka puasa menjadi hal yang sangat penting.

Lalu, menu apa saja yang aman dan sehat bagi penderita maag saat buka puasa? Berikut rekomendasi makanan buka puasa enak untuk penderita maag.

1. Kurma

Kurma salah satu makanan khas Ramdhan yang disukai banyak orang. Buah yang satu ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan dan baik bagi penderita maag.

Kurma juga dikenal sebagai buah yang aman untuk lambung dan buah yang dapat membantu menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh seseorang. Maka dari itu, kurma cocok sebagi menu berbuka puasa. 

2. Sayur Bayam

Sayur bayam tergolong makanan yang sangat sehat. Namun tidak semua jenis sayuran bisa dikonsumsi terutama bagi penderita maag. Hal ini disebabkan karena beberapa sayuran terdapat kandungan gas yang dapat memicu asam lambung naik.

Contoh sayuran yang dapat memicu asam lambung diantaranya sawi, lobak, nangka muda, kol, hingga sayuran mentah. Sementara, sayur bayam juga dikenal mengandung mineral penting yang dapat bermanfaat bagi kesehatan lambung, yaitu selenium dan zinc. 

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk bisa menjadi karbohidrat pengganti nasi. Kentang mengandung alkalin yang dapat menetralisir asam lambung. Senyawa ini dikenal baik untuk mencegah sakit maag kambuh.

Kamu juga bisa mengolah kentang dengan merebus atau mengukus. Bukan sekedar mengurangi gejala asam lambung, mengonsumsi kentang tumbuk juga dapat mendongkrak energi kamu selama buka puasa.

4. Oatmeal

Makanan tinggi serat seperti oatmeal juga direkomendasikan bagi penderita maag. Tingginya serat di dalam oatmeal, dipercaya mampu menekan gangguan pada lambung.

Caranya, yaitu dengan menyerap asam lambung yang naik, sehingga hal itu bisa menurunkan gejala refluks dan menormalkannya ke kondisi semula.

Itulah rekomendasi makanan berbuka puasa untuk penderita maag.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak