facebook

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Esti Nur Prasetyaningsih
Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi
Orang yang sedang menjaga kesehatan mental dengan sebuah coping mechanism. (unsplash.com)

Berbagai kebijakan pemerintah yang memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat diluar berdampak ke berbagai hal.

Hal ini membuat banyak perkantoran memberlakukan Work From Home (WFH) atau pekerjaan dari rumah untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Cara kerja seperti ini membuat sebagian masyarakat mengalami kejenuhan bahkan stres.

Nah, salah satu upaya agar tidak bosan dan stres adalah dengan cara menjaga kesehatan mental. Berikut tips atau cara agar memiliki kondisi mental yang sehat dan kuat:

1. Melakukan Aktivitas Olahraga

Padatnya jadwal pekerjaan membuat kita lupa akan pentingnya berolahraga. Padahal, olahraga dapat membantu agar lebih fresh. Luangkan waktu setidaknya 15-30 menit sehari untuk jalan pagi di sekitar rumah, melakukan yoga atau stretching ringan di rumah. 

2. Mengerjakan Hobi di Waktu Jeda Kerja

Banyak sekali hal berikut yang mungkin bisa menjadi hobi dirumah. Mulai dari bercocok tanam, bermain musik, melukis, memasak, bermain game, hingga beres-beres rumah. Apapun hal yang kamu sukai, jangan lupa untuk tetap melakukannya agar pikiranmu menjadi lebih tenang dan fresh. Kamu pun bisa melakukan pekerjaan kembali dengan lebih bersemangat. 

3. Lebih Bijak Memilih Informasi

Batasi waktu untuk menonton, membaca atau mendengar berita mengenai pandemi untuk mengurangi rasa cemas. Tapi, informasi memang penting tapi pilihlah yang akurat dan positif sehingga buat mental kamu juga lebih baik. Membatasi penggunaan media sosial juga termasuk detoks terhadap kesehatan mental. 

4. Menjaga Komunikasi dengan Keluarga dan Sahabat

Sesekali, kamu perlu meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, rekan kerja maupun pasangan. Obrolan singkat bisa mengurangi beban dan tekanan dalam pekerjaan.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Baik

Di masa pandemi, kita diharuskan untuk beraktivitas lebih banyak didalam rumah. Bekerja dari rumah membuat tubuh kurang bergerak sehingga kita harus menjaga pola makan yang bergizi dan sehat. Banyak mengonsumsi sayur dan buah. Konsumsi cairan yang cukup dan tambah suplemen vitamin untuk tubuh. Maka menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk membuat pikiran juga lebih tenang.

Itulah cara menjaga kesehatan mental di masa pandemi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak