facebook

Tanpa Santan, Ini 5 Hidangan Spesial Lebaran yang Sehat

Esti Nur Prasetyaningsih
Tanpa Santan, Ini 5 Hidangan Spesial Lebaran yang Sehat
Ilustrasi salad (Pixabay.com/silviarita)

Makanan yang disajikan saat lebaran cenderung bersantan dan berlemak. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang hingga semur daging. Tapi, buat yang suka gaya hidup sehat, bisa mengganti menu spesial lebaran dengan hidangan sehat dan juga lezat.

Merangkum dari laman Sehatq, berikut beberapa inspirasi menu lebaran yang bisa dicoba.  

1. Daging Tanpa Lemak

Tak lengkap rasanya apabila momen lebaran tanpa adanya menu daging. Kamu bisa menyiasati dengan memilih daging tanpa lemak agar tetap sehat. Daging berlemak biasanya memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Jika banyak mengonsumsi lemak jenuh, maka dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Ikan Tim

Lebaran memang identik dengan daging, tapi tak ada salahnya menyajikan menu ikan saat Hari Raya Idulfitri. Menu sehat lebaran ini, banyak manfaatnya bagi tubuh. Di antaranya, sumber protein, kaya asam lemak omega-3 dan rendah lemak jenuh. Masakan ikan bisa direbus ataupun dibakar sesuai selera.  

3. Roti Gandum

Selain rendang dan opor ayam, kue kering juga tak ketinggalan menghiasi meja makan. Kue kering umumnya tinggi kalori dan gula. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat meningkatkan risiko obesitas. Kamu bisa menggantinya dengan roti gandum. Roti gandum umumnya rendah karbohidrat dan lemak. Kandungan serat yang tinggi dalam roti gandum juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

4. Salad Sayur

Menu sehat menyambut lebaran adalah salad sayur. Masakan dengan bahan dasar sayur mungkin biasanya jarang terlihat saat Hari Raya Idulfitri. Padahal, sayur sangat dibutuhkan untuk mencegah masalah pencernaan. Tak hanya sebagai makanan pembuka, salad sayur pun dapat menjadi pilihan yang bijak usai menikmati makanan bersantan lantaran cita rasanya yang cenderung lebih ringan.

5. Ketupat Beras Merah

Ketupat memang hidangan yang wajib ada ketika lebaran tiba. Nah, agar menu lebaran ini lebih sehat, kamu bisa mengganti beras putih yang biasa digunakan dengan jenis beras lainnya seperti beras merah. Kandungan beras merah lebih kaya akan serat, vitamin B, dan zat besi ketimbang beras putih. Untuk kelezatannya tidak jauh berbeda dengan ketupat lainnya. 

Nah, itulah kelima rekomendasi hidangan lebaran yang sehat tanpa santan. Tertarik untuk mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak