facebook

Mudah Dilakukan! Inilah 4 Tips Berolahraga saat Puasa

Riza Agustian
Mudah Dilakukan! Inilah 4 Tips Berolahraga saat Puasa
Ilustrasi olahraga. (Pexels)

Bulan Ramadhan merupakan suatu momen dimana umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa dari pagi saat terbit fajar hingga waktu tenggelamnya matahari.

Diantara rentang waktu tersebut, kurang lebih ada sekitar 13 jam tubuh kita tidak mendapatkan suplai makanan maupun minuman. 

Lalu bagaimana kita bisa berolahraga disaat sedang melaksanakan puasa agar tubuh tetap terjaga kebugarannya?

Dilansir dari Hellosehat, berikut 5 tips berolahraga di bulan puasa:

1. Mengatur Waktu Berolahraga

Jika kamu ingin berolahraga di bulan puasa agar tubuh kamu tetap bugar maka boleh-boleh saja, tapi kamu harus mengatur waktunya agar puasa kamu tidak terganggu karena kehabisan energi.

Kamu bisa memilih waktu berolahraga mulai dari 60 menit sebelum berbuka puasa karena tubuh akan segera disuplai makanan dan minuman setelah itu.

Alternatif lainnya juga kamu bisa berolahraga setelah berbuka puasa yaitu dimalam hari, disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang berat agar tubuh kamu tidak cedera.

2. Asupan Makanan

Jika kamu ingin berolahraga di bulan puasa, maka salah satu hal yang kamu harus perhatikan adalah asupan makanan yang kamu berikan untuk tubuh.

Dibulan Ramadhan, waktu makan kamu hanya dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Pola makan akan berubah dan tidak seperti biasanya.

Disinilah kamu harus mengatur dengan baik apa saja makanan yang kamu konsumsi, pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, vitamin, mineral dan karbohidrat agar asupan gizi tetap terpenuhi setiap harinya.

3. Banyak Minum Air

Tak bisa disepelekan, minum air merupakan salah satu upaya agar tubuh tetap kuat saat sedang berpuasa. Jika dalam sehari asupan cairan yang masuk ke tubuhmu mencapai 1,5 liter per harinya maka tubuh kamu akan lebih bertenaga dan terhindar dari dehidrasi. 

Selain itu, anda juga harus mengurangi aktivitas fisik yang berat di waktu siang hari, ini bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh kamu agar tidak dehidrasi.

4. Mengelola Jam Tidur

Tidur yang cukup akan membuat tubuh kamu lebih sehat, apalagi saat berpuasa hampir kebanyakan orang sulit mengelola jam tidurnya.

Meski demikian, kamu dituntut untuk bisa menjaga jam tidur minimal 7 hingga 9 jam per hari agar tubuh kamu tetap terjaga staminanya saat melakukan aktivitas sehari-hari termasuk berolahraga.

Itulah 5 tips berolahraga di bulan puasa. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, selalu usahakan untuk berolahraga walaupun sebentar. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak