facebook

5 Manfaat Ginseng India Ashwagandha untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Depresi

Nanda Putri
5 Manfaat Ginseng India Ashwagandha untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Depresi
Ilustrasi tanaman ashwagandha (Unsplash/Bankim Desai)

Ashwaganda adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari India dan Asia Tenggara, dimana biasanya tanaman ini digunakan sebagai pengobatan alternatif tradisional di India. Telah dipercaya, bahwa orang jaman dahulu biasa menggunakan ashwagandha untuk menghilangkan stres dan meningkatkan konsentrasi otak. Lalu, apa saja manfaat lainnya dari ginseng ini? Merangkum Healthline, berikut 5 manfaat ashwaganda untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Dapat mengurangi stres dan kecemasan

Ashwagandha termasuk kedalam adaptogen, atau zat yang dikenal dapat melawan stres. Beberapa penelitian sudah membuktikan, bahwa suplemen ini dapat menghilangkan stres serta kecemasan.

Dalam sebuah penelitian yang diikuti oleh 58 peserta, dengan mengkonsumsi ashwagandha selama 8 minggu. Terbukti secara signifikan dapat mengurangi stres yang dimiliki oleh para peserta. Kemudian dilanjutkan lagi dengan penelitian yang diikuti oleh 60 partisipan, kemudian ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi ashwagandha setiap hari selama 60 hari mengalami penurunan kecemasan yang signifikan.

2. Dapat mengurangi gejala depresi

Ashwagandha juga dikenal dapat membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang diikuti oleh 66 orang yang mengidap skizofrenia dan depresi. Penelitian tersebut menghasilkan, bahwa mereka yang mengkonsumsi ashwagandha sebanyak 1.000 mg setiap hari selama 12 minggu, memiliki efek pengurangan terhadap depresi dan kecemasan.

Meskipun ashwaganda dapat memberikan efek sebagai antidepresan bagi sebagian orang, kamu tidak boleh menggunakannya atau ketergantungan mengkonsumsinya sebagai obat antidepresan. Untuk mengatasi depresi yang sudah sangat menganggu, kamu perlu mengkonsultasikannya dengan tenaga profesional.

3. Dapat menurunkan kadar gula darah

Menurut salah satu jurnal yang diterbitkan dalam National Library of Medicine, ashwagandha diyakini mengandung senyawa yang memiliki efek sebagai antidiabetes yang kuat. Sehingga senyawa tersebut dapat membantu merangsang sel untuk mengurangi glukosa dari dalam darah.

4. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah ulasan yang mencakup beberapa studi klinis telah membuktikan, bahwa ashwagandha dapat meningkatkan fungsi kognitif terutama bagi orang dewasa yang lebih tua atau sudah lanjut usia.

Peneliti juga telah menemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam ashwagandha memiliki efek antioksidan di otak, sehingga bermanfaat bagi kesehatan kognitif.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Telah dibuktikan, bahwa mereka yang mengkonsumsi ashwagandha akan mendapatkan kualitas tidur yang baik serta tidur nyenyak, hal ini menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu orang yang memiliki berbagai masalah tidur, terutama bagi penderita insomnia.

Itu tadi lima manfaat yang dapat diberikan oleh ekstrak ashwagandha. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak