facebook

9 Rekomedasi Makanan yang Membantu Meredakan Kecemasan

Sheck ler
9 Rekomedasi Makanan yang Membantu Meredakan Kecemasan
Ilustrasi kecemasan. (Pixbay.com)

Kecemasan adalah salah satu kondisi kesehatan mental yang paling umum, mempengaruhi sekitar 7,6 persen dari populasi global, disadur dari Healthline.com. Hal ini ditandai dengan perasaan stres, gugup, takut dan khawatir yang terus-menerus, sehingga sulit bagi seseorang untuk berfungsi secara normal.

Sementara pengobatan, olahraga dan teknik pernapasan biasanya diresepkan untuk mereka yang memiliki gangguan kecemasan, nutrisi juga memainkan peran utama dalam mengelolanya. Sebelumnya, ahli diet Jyoti Bhatt, Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok mengatakan bahwa “makanan memainkan peran utama dalam menyeimbangkan berbagai suasana hati kita baik bahagia, sedih, marah, depresi, atau cemas . Para peneliti telah mempelajari beberapa makanan dan nutrisi yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak.”

Berikut 9 rekomendasi makanan yang membantu meredakan kecemasan:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, bit, brokoli, dan lainnya memiliki kekuatan super yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Menu sayuran hijau cocok untuk makan siang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat anti-cemas dan anti-depresi. Hal yang sama juga ditemukan pada sayuran kangkung, kubis, sawi, dan selada yang juga ada kandungan antioksidannya dikenal dapat membantu mengelola kecemasan.

2. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan dan vitamin C–mineral yang secara efektif meredakan kecemasan.

3. Makanan fermentasi

Seperti yang dilansir melalui lifehack.com, hasil penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan fermentasi mampu mengurangi kasus kecemasan sosial.

Kecemasan sering disertai dengan gejala gastrointestinal. Oleh karena itu, makanan fermentasi membantu meringankan gejala tersebut dengan mengurangi peradangan usus.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk anxiety, berkat kandungan vitamin B di dalamnya.

Otak sangat membutuhkan vitamin B. Apabila Anda kekurangan asupan vitamin ini, Anda dapat mengalami beberapa keluhan, seperti kebingungan dan kecemasan.

Sumber makanan yang tinggi akan vitamin B adalah telur. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengonsumsi lebih banyak telur, namun pastikan tidak terlalu berlebihan. 

5. Kacang-kacangan

Penelitian baru dari University of Barcelona ini mendukung bukti yang berkembang tentang 'makanan sebagai obat' dan manfaat pilihan makanan sehat bagi orang muda dan tua, kata dr. Samara Sterling, seorang ilmuwan nutrisi dan direktur penelitian untuk The Peanut Institute.

Kacang dan selai kacang adalah cara yang terjangkau dan serbaguna untuk menambah vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan mental.

6. Ikan

Ada banyak penelitian yang menyebutkan manfaat dari asam lemak omega-3, termasuk melindungi jantung dan otak. Sekarang peneliti Jepang juga menemukan manfaat lain dari senyawa ini, yaitu mampu menghilangkan kecemasan yang berlebihan.

7. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh penuh dengan magnesium dan triptofan, yang keduanya telah terbukti mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

8. Herbal dan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah yang dapat membantu mengelola kecemasan termasuk jinten, ashwagandha, bawang putih, lavender, kunyit, lemon balm dan basil.

9. Cokelat hitam

Selain nikmat dan digemari hampir setiap orang, cokelat juga termasuk makanan penghilang cemas. Namun, jenis cokelat yang punya manfaat ini adalah cokelat hitam.

Manfaat cokelat hitam dalam mengurangi stres diperoleh dari kandungannya, yakni flavonoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah, dan triptofan yang mampu meningkatkan suasana Hati.

Itulah rekomendasi makanan yang membantu meredakan kecemasan, semoga bermafaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak