facebook

4 Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan Rambut, Mengurangi Rambut Lepek!

Vallencia Zhang
4 Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan Rambut, Mengurangi Rambut Lepek!
Ilustrasi daun jambu biji (Pixabay.com)

Jambu biji adalah salah satu jenis tanaman tropis yang asalnya dari berasal dari Amerika Tengah dan bagian Utara Amerika Selatam. Buah yang satu ini memiliki kulit berwarna kuning kehijauan, dan daging yang biasanya berwarna putih atau merah. Buah dengan nama latin Psidium guajava ini mengandung banyak manfaat.

Begitu pula dengan daun jambu biji yang biasanya diolah sebagai minuman tradisional bagi mereka yang terkena diare. Jadi, bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, tapi daunnya juga, lho. Bahkan, daun jambu biji ini dipercaya kaya akan kandungan nutrisi dan senyawa yang bagus bagi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Kira-kira apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan rambut, ya?

Melansir dari Hellosehat.com, berikut 4 manfaat daun jambu biji bagi kesehatan rambut. Simak baik-baik.

1. Dapat mengurangi rambut rontok

Adanya paparan radikal bebas ternyata dapat membuat kulit kepala kita terkena stres oksidatif. Kondisi inilah yang kemudian dapat memicu kerontokan rambut.

Disadur dari studi terbitan Internal Journal of Cosmetic Science (2015), ada beberapa pemicu kerontokan yang terjadi akibat stres oksidatif, yaitu sebagai berikut.

  • Infeksi jamur Malassezia
  • Sinar ultraviolet
  • Penggunaan hairdryer dan alat-alat penata rambut lainnya yang memanfaatkan pemanas
  • Cat rambut
  • Polusi
  • Penuaan kulit kepala

Untuk membantu mengurangi efek radikal bebas yang menjadi penyebab dari stres oksidatif, kita dapat menggunakan daun jambu biji. Mengingat, kandungan senyawa quercetin serta vitamin C yang ada di dalam daun buah satu ini memiliki sifat antioksidan.

2. Dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daun jambu biji ternyata dapat mempercepat pertumbuhan rambut yang membuat rambut memanjang dengan cepat. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin C ini dapat merangsang pertumbuhan dermal papila (salah satu lapisan khusus yang menyusun struktur rambut)

3. Dapat membantu mengurangi rambut lepek

Rambut lepek biasanya muncul karena kulit kepala kita yang mudah berminyak. Manfaat daun jambu biji berikutnya ialah mengontrol minyak yang ada pada kulit kepala.

Mengutip dari jurnal terbitan Journal of Cosmetic Dermatology (2019), daun jambu biji kaya akan senyawa tannin, yang memiliki sifat antisebum yang dapat mengurangi minyak alami kulit. Tannin juga dapat bersifat astringent yang dimana bisa mengendalikan kadar minyak pada kulit kepala.

Selain itu, kerja tannin yang mampu menekan lapisan lemak tipis pada permukaan kulit kepala berpotensi mengurangi lepek pada rambut.

Akan tetapi, untuk manfaat yang satu ini, perlu dilakukan riset lebih lanjut.

4. Membantu mengurangi ketombe 

Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah dikarenakan infeksi jamur Malassezia. Kandungan senyawa quercetin di dalam daun jambu biji yang bersifat antijamur dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe tersebut. Walau begitu, senyawa tersebut tidak mematikan jamur yang ada.

Itulah beberapa manfaat dari daun jambu biji untuk kesehatan rambut. Karena banyaknya manfaat yang ada di dalam daun jambu biji, maka berbagai penelitian juga produk sampo yang mengandung ekstrak daun biji mulai dikembangkan. Wah, keren sekali, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak