facebook

5 Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi, Jangan Diabaikan!

Lintang Larissya
5 Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi, Jangan Diabaikan!
Ilustrasi Menstruasi. (pexels)

Saat menstruasi mungkin bagi beberapa orang mengalami gejala tidak nyaman. Sebenarnya saat menstruasi tidak ada larangan untuk makan apapun, tetapi ada beberapa makanan yang dapat memperburuk gejala-gejala saat menstruasi. Mengutip dari Healthline dan sumber lainnya, ini dia lima jenis makanan yang harus dihindari agar tubuh tidak terasa lebih buruk saat hari merah datang.

1. Makanan Asin

Mengonsumsi makanan asin atau makanan yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan retensi air, membawa dampak perut menjadi kembung. Untuk mengurangi kembung, jangan tambahkan garam ke makanan secara berlebihan, dan hindari makanan olahan asin serta mengandung banyak natrium.

2. Permen dan camilan manis

Saat menstruasi datang cobalah untuk menghidari makan permen atau camilan manis karena dapat menyebabkan kembung. Makan camilan manis atau yang mengandung gula tinggi sebenarnya dapat membuat perut terasa lebih buruk dari sebelumnya.

3. Makanan Pedas

Banyak yang menyebut kalau makanan pedas dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan mual. Terlebih saat menstruasi datang baiknya menghindari makanan tersebut selama menstruasi.

Namun di sisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa makanan pedas bisa melawan nyeri haid. Tetapi para ilmuwan belum ada yang memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

4. Daging Merah

Daging merah memiliki zat besi yang tinggi, tetapi makanan ini juga mengandung prostaglandin yang harus dihindari selama menstruasi. Sebab kadar prostaglandin yang tinggi dapat mengakibatkan kram. Tentu tidak akan nyaman bukan?

5. Kopi

Terakhir, hati-hati dengan kopi. Kafein dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Kopi juga bisa memperburuk sakit kepala. Selain itu kopi dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Oleh karena itu, bagi beberapa orang yang tidak bisa hidup tanpa kopi harus mencoba untuk menghindari kebiasaan sering mengonsumsi kopi selama menstruasi. Menahan diri dari secangkir kafein dan alih-alih menghidrasi tubh secara maksimal.

Sebaliknya, ada makanan tertentu yang sangat baik untuk dimakan saat menstruasi seperti perbanyak minum air, buah-buahan, sayuran hijau, makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, ayam dan ikan, serta coklat hitam.

Nah itu dia lima makanan dan minuman yang harus dihindari kala mestruasi datang agar tidak dapat memperburuk rasa nyeri. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak