facebook

7 Buah dan Sayuran yang Kaya Akan Vitamin K, Kenali Manfaatnya!

NAFRI DIFAR
7 Buah dan Sayuran yang Kaya Akan Vitamin K, Kenali Manfaatnya!
Ilustrasi bayam (Pexels.com/Rodolfo QuirĂ³s)

Vitamin K termasuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K digolongkan dalam dua jenis yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu menjaga kesehatan  jantung, berguna dalam proses pembekuan darah dan pembentukan tulang.

Fungsi vitamin K  dalam pembekuan darah sangat berguna untuk mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. Orang dengan gangguan pembekuan darah  atau  yang mengonsumsi obat pengencer darah harus memperhatikan asupan vitamin K. Vitamin K juga baik untuk kesehatan tulang karena membantu mengurangi risiko patah tulang.

Kebutuhan vitamin  K untuk tiap  orang berbeda-beda sesuai usia dan jenis kelamin. Jumlah yang disarankan adalah sebesar 120 mcg untuk pria dan 90 mcg untuk wanita.

Dilansir dari Verywellfit, sumber vitamin K dapat diperoleh dari makanan nabati, beberapa produk hewan dan juga keju. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin K dari beberapa jenis buah dan sayuran berikut ini.

1. Bayam

Satu cangkir bayam mengandung lebih banyak vitamin K dibanding jumlah yang disarankan untuk kebutuhan tubuh orang dewasa. Bayam juga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein nabati bagi yang menjalani diet vegan dan vegetarian.

2. Kiwi

Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin K yang tinggi. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C, vitamin E, potasium, folat dan lain-lain. Buah kiwi juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

3. Buncis

Buncis kaya akan nutrisi dan cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Mengonsumsi buncis sangat baik untuk mendukung asupan vitamin K bagi  tubuh.

4. Kubis

Kubis termasuk sayuran yang rendah kalori, karbohidrat dan lemak. Indeks gikemiknya pun kecil. Jika kamu ingin memperoleh manfaat vitamin K, kamu bisa memasukkan kubis ke dalam daftar menu harian makananmu.

5. Asparagus

Selain mengandung vitamin K, asparagus juga penuh nutrisi dan kandungan folat serta fiber. Asparagus juga memiliki kandungan protein.

6. Brokoli

Brokoli tergolong sayuran berkalori rendah, sehingga banyak dipergunakan untuk menu bagi yang sedang melakukan diet rendah kalori. Selain itu, brokoli baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terserang penyakit dan tentu saja brokoli menawarkan manfaat dari vitamin K.

7. Kale

Kale sering disebut sebagai super food dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam kale terdapat mineral dan berbagai vitamin termasuk juga  vitamin K tentunya.

Itulah beberapa sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin K. Kamu dapat mempertimbangkannya untuk menjadi bagian dalam daftar makanan yang kamu konsumsi. Namun, tetap juga perhatikan agar tidak berlebihan dan tidak mengabaikan jenis makanan lain agar tidak mengalami kekurangan jenis vitamin dan mineral  yang lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak