facebook

Waspadai Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Rasa Percaya Diri

NAFRI DIFAR
Waspadai Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Rasa Percaya Diri
ilustrasi orang percaya diri (Pexels.com/Moose Photos)

Kepercayaan diri adalah suatu kuaitas yang ingin dimiliki oleh semua orang. Namun demikian, level percaya diri seseorang sangatlah berbeda-beda. Bagi beberapa orang tampil percaya diri adalah sesuatu yang tidak sulit.

Sementara bagi yang lain, perlu usaha lebih untuk dapat memiliki rasa percaya diri. Bahkan pada orang dengan tingkat percaya diri yang rendah bisa semakin mengecil oleh kebiasaan-kebiasaan buruk.

Beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari adalah sebagai berikut:

1.  Menurunkan standar

Jika kamu telah mempunyai standar sendiri tentang banyak hal, tidak perlu menurunkannya hanya karena ada  orang yang berpendapat berbeda. Jika kamu selalu mengikuti penilaian orang lain dan justru mempertanyakan standar kamu sendiri, cepat atau lambat kamu dapat kehilangan kepercayaan diri.

2. Membandingkan diri dengan orang lain

Setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda. Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain yang dianggap lebih sukses akan berakibat buruk pada aspek dalam diri. kamu dapat meragukan kemampuan diri sendiri karena masih berada di tahap yang berbeda dengan orang tersebut.

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan tetaplah yakin pada pilihan hidup kamu dan jalan yang kamu ambil.

3. Mengabaikan penampilan

Walau penampilan bukan segalanya, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja. Menjaga penampilan terlihat bersih dan enak dilihat sangat berpengaruh pada cara pandang orang lain terhadap kamu. Cara kamu menjaga penampilan dan kebersihan diri menunjukkan seberapa kamu menghargai dan menghormati diri sendiri. Mengabaikan penampilan bisa membuat rasa percaya diri menurun dengan cepat oleh reaksi buruk orang lain.

4. Sering mengritik diri sendiri

Mungkin awalnya kamu bermaksud untuk instrospeksi, namun jika terus menerus kamu lakukan, rasa percaya diri kamu akan tergerus bahkan hilang. Ini termasuk  juga kebiasaan melakukan negatif self talk. Apa yang menjadi topik dalam negatif self talk dan dipercaya oleh pelaku akan merusak rasa percaya diri tanpa disadari.

Jika kamu berbuat salah, kamu bisa memperbaikinya dan menjadikannya pelajaran. Namun jika menyangkut kondisi fisik, kamu sebaiknya tak berfokus pada kekurangan kamu sampai melupakan kelebihan yang kamu miliki. Ubahlah fokus perhatian pada kelebihan kamu dan optimalkan untuk mencapai tujuan-tujuan baikmu. Jangan pernah lupa bahwa tak ada orang yang sempurna.

5. Memuji orang lain dengan berlebihan

Memberikan pujian kepada orang lain bukanlah hal buruk, sebab hal itu merupakan bentuk apresiasi positif. Namun jangan membiasakan memuji orang lain dengan merendahkan kualitas dirimu sebagai perbandingan.

Cukup akui kelebihan orang lain dan berilah pujian sepantasnya namun tak perlu membandingkan dengan diri sendiri. Mungkin dia memang bagus dalam suatu hal, tetapi dalam hal lain, bisa jadi kamu juaranya.

6. Meminta maaf berlebihan

Memang wajar meminta maaf jika telah melakukan kesalahan. Namun kamu tak seharusnya meminta maaf untuk semua hal yang tidak beres yang bukan disebabkan oleh kesalahan kamu. Walau meminta maaf adalah bentuk kesopanan, namun itu tak berarti kamu perlu selalu melakukannnya. Minta maaflah untuk sesuatu yang memang sepantasnya saja agar kamu tak merusak rasa percaya diri kamu.

7. Membiarkan diri dalam lingkungan toksik

Lingkungan yang toksik sering membawa efek negatif yang merusak. Orang-orang dalam lingkungan atau hubungan toksik sering memperlakukan orang dengan buruk. Berada dalam lingkungan atau hubungan yang tidak sehat, cepat atau lambat akan merusak rasa percaya diri seseorang.

8. Tergantung kepada orang lain

Meminta opini kepada orang lain kadang-kadang memang diperlukan. Namun jika dilakukan terus-menerus  dan untuk semua hal, hal itu akan menjadi kebiasaan. Kamu akan kesulitan mengambil keputusan sendiri dan tak punya  keyakinan bahwa kamu bisa melakukannya dengan benar. Itu sebabnya, sikap tergantung kepada orang lain ini berimbas buruk pada rasa percaya diri seseorang.

Itulah beberapa hal yang dapat merusak rasa percaya diri seseorang. Hindarilah semua hal- hal di atas agar kamu dapat menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri. Namun tak perlu juga berlebihan yang membuat kamu menjadi orang sombong.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak