facebook

Manfaat Daun Jeruk Purut, Bukan Hanya Pelengkap Bumbu Masakan

NAFRI DIFAR
Manfaat Daun Jeruk Purut, Bukan Hanya Pelengkap Bumbu Masakan
ilustrasi jeruk purut (Pexels.com/Dion Wijaya)

Daun jeruk purut sering ditambahkan ke dalam berbagai masakan sehari-hari. Daun jeruk purut mampu memperkaya rasa masakan sehingga menjadi lebih nikmat dan lezat. Aromanya yang khas juga memperkuat kesedapan masakan.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, daun jeruk purut juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun jeruk purut  sebagaimana dilansir laman  Healthbenefits antara lain adalah :

1. Mengurangi stres

Daun jeruk purut mengandung aroma relaksasi yang bersifat menenangkan. Kondisi santai sangat diperlukan agar tubuh dapat beristirahat dengan tenang dan terhindar dari kelelahan yang dapat membuat stres semakin parah.

Kamu bisa membuat aroma terapi dari daun jeruk purut dengan mengiris-iris daun jeruk dan merendamnya dalam  air. Biarkan minimal selama satu jam, lalu masukkan dalam botol untuk kamu gunakan sebagai spray yang disemprotkan di ruangan.

2. Mengatasi kutu rambut

Campuran sari daun jeruk purut dan sari buahnya diyakini mampu membantu masalah kutu rambut. Hal ini karena cairan hasil ekstrak tersebut dapat membunuh telur kutu dan parasit.

Jika kamu pernah membeli sampo anti kutu rambut, banyak produsen yang memanfaatkan ekstrak jeruk purut dan daunnya sebagai salah satu bahannya.

3. Membantu meringankan batuk

Daun jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk membantu meringankan gejala batuk. Hal ini karena kandungan vitamin C nya. Daun jeruk purut dapat dikombinasikan dengan gula aren atau madu dan air hangat.

4. Membantu penyembuhan sariawan

Selain buahnya, daun jeruk purut juga kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C ini bermanfaat untuk mengatasi masalah sariawan. Seperti diketahui bahwa salah satu penyebab sariawan adalah akibat kekurangan air dan vitamin C, walaupun ada hal-hal lain yang juga bisa menjadi faktor penyebab sariawan.

5. Membantu memelihara kesehatan mulut

Daun jeruk purut dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Daun jeruk purut dapat membantu mengatasi bakteri-bakteri berbahaya yang bisa merugikan kesehatan mulut.

Itulah antara lain manfaat daun jeruk purut bagi kesehatan tubuh. Walaupun manfaatnya cukup banyak, namun kamu perlu bijaksana dalam mengonsumsinya. Pergunakan secukupnya dan selalu kenali dulu kondisi tubuh apakah tak ada masalah dengan semua kandungan yang terdapat pada daun jeruk purut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak