facebook

4 Kebiasaan yang Menyebabkan Bibir Terasa Kering dan Pecah-pecah

Vallencia Zhang
4 Kebiasaan yang Menyebabkan Bibir Terasa Kering dan Pecah-pecah
Bibir Pecah (Pixabay.com)

Bibir kering dan pecah-pecah tentunya sangat tidak mengenakkan apalagi bagi perempuan yang biasanya suka menggunakan pewarna bibir. Tapi, ternyata, bibir pecah-pecah ini rupanya kondisi yang sangat umum terjadi bagi semua kalangan usia dan jenis kelamin, ditambah lagi jika kita memiliki jenis kulit yang kering.

Fakta mengejutkannya lagi, bibir pecah-pecah ini dapat terjadi karena kebiasaan kita sendiri. Bibir kita memiliki lapisan kulit yang begitu tipis dan transparan, namun tidak memiliki kelenjar minyak yang membuatnya lebih mudah kering dan retak. Lantas, kira-kira apa saja kebiasaan yang menyebabkan bibir pecah-pecah, ya?

Merangkum dari hellosehat.com, berikut 4 kebiasaan yang menyebabkan bibir terasa kering dan pecah-pecah.

1. Menjilat bibir

Ketika bibir terasa kering, tentunya kita akan menjilat bibir untuk membasahinya agar tidak kering lagi. Cara ini mungkin berhasil memberikan efek kelembapan, namun hanya sementara.

Di dalam air liur, terkandung enzim yang memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam proses mencerna makanan. Apabila air liur ini terkena kontak dengan udara luar, maka air liur akan dengan cepat menguap yang kemudian membuat bibir kembali kering bahkan mengelupas. Sehingga apabila kita terus-menerus menjilati bibir secara berulang kali, maka kebiasaan ini justru dapat membuat bibir semakin kering.

2. Menggigit bibir

Ketika dilanda rasa gugup atau cemas, biasanya kita terbiasa untuk menggigit bibir sebagai pengalihan konsentrasi dalam melawan rasa gugup itu. Akan tetapi, tahukah bahwa kebiasaan menggigit bibir ini bisa membuat bibir tidak sehat? Sebab, ketika kita menggigit bibir, bibir akan iritasi, sehingga lapisan bibir akan retak dan terkoyak dan justru berdarah.

3. Kurang minum air putih

Kekurangan minum air putih akan membuat tubuh dehidrasi yang dapat berdampak negatif pada tubuh, seperti menimbulkan gejala pusing, sakit kepala, sembelit, bahkan dapat berpengaruh pada lapisan bibir yang mengering.

4. Terlalu sering memakan makanan asin atau pedas

Makanan yang terlalu asin ternyata dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan, garam yang terkandung di dalam makanan itu dapat mengiritasi lapisan kulit bibir hingga menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas.

Itu adalah beberapa kebiasaan yang dapat membuat bibir terasa kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah atau bahkan mengobati bibir kering, kita dapat mengoleskan lipbalm secara rutin dan memenuhi asupan cairan di dalam tubuh.

Akan tetapi, perlu diperhatikan lagi bahwa dalam memilih lipbalm, hindari membeli lipbalm yang mengandung pewangi, ekstrak citrus, menthol, serta bahan-bahan yang dapat merusak kesehatan bibir. Semoga artikel ini bermanfaat.

Itulah 4 kebiasaan yang menyebabkan bibir terasa kering dan pecah-pecah. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak