facebook

5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Ketajaman Otak, Sudah Tahu?

Nanda Putri
5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Ketajaman Otak, Sudah Tahu?
Ilustrasi telur rebus. (Pexels.com/Jane D.)

Otak adalah komponen utama yang perlu dijaga kesehatannya. Karena seluruh sistem kerja tubuh kita diatur oleh otak, dan segala sesuatu yang kita lakukan membutuhkan otak. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan dan ketajaman otak hingga tua. Untuk menjaganya dapat dilakukan berbagai cara, seperti melakukan senam otak, bermain puzzle, dan lainnya.

Tetapi tidak hanya itu, apa yang kita makan juga dapat ikut berpengaruh terhadap kesehatan otak. Bahkan terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan ketajaman dan daya ingat pada otak.

Menyadur dari Healthline, berikut 5 makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, kaya akan asam lemak omega 3. Di mana omega 3 tersebut dapat membangun sel otak dan saraf, dan asam lemak tersebut sangat berperan penting saat kita sedang belajar dan mengingat sesuatu. Kekurangan asam lemak omega 3 dapat membuat seseorang menjadi kesulitan untuk belajar dan depresi.

Orang yang sering mengonsumsi ikan akan cenderung lebih mudah dalam mengambil keputusan, mengingat, dan mengontrol emosi.

2. Blueberry

Blueberry adalah buah yang memiliki efek sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Di mana antioksidan berperan dalam melawan stres oksidatif dan menghindari penuaan pada otak.

Antioksidan dalam blueberry dapat meningkatkan komunikasi antara sel otak, sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif pada anak dan orang dewasa.

3. Jeruk

Jeruk kaya akan sumber vitamin C, dan vitamin C penting untuk kesehatan otak dalam mencegah kesehatan mental. Memiliki kadar vitamin C yang tinggi dalam darah, dapat meningkatkan fokus, daya ingat, dan kecepatan dalam pengambilan keputusan.

Vitamin C mengandung antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel otak. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi pada lansia dari gangguan depresi, kecemasan, skizofrenia, dan alzheimer.

4. Telur

Telur memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jadi sudah pasti telur termasuk makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena telur kaya akan vitamin B6, B12, folat, dan kolin.

Kolin sangat berperan penting bagi tubuh dalam mengatur suasana hati dan memori. Untuk mendapatkan asupan kolin dengan mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi telur.

5. Teh hijau

Kafein yang terkandung dalam teh hijau sangat bagus dalam meningkatkan fungsi otak, selain itu juga dapat meningkatkan kewaspadaan, kinerja, memori, dan fokus. Karena memiliki kandungan kafein, teh hijau dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi otak dan mengurangi risiko alzheimer.

Itulah tadi 5 makanan yang sering kita temukan, yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak