facebook

Kenali! 5 Keunggulan Pengobatan Herbal, Efektif dan Mudah Didapat

Rozi Rista Aga Zidna
Kenali! 5 Keunggulan Pengobatan Herbal, Efektif dan Mudah Didapat
Ilustrasi minuman herbal (Pixabay.com/congerdesign)

Pengobatan herbal merupakan sistem pengobatan yang memakai bahan dasar tumbuhan alam dan ekstrak tanaman berkhasiat. Akhir-akhir ini, popularitas pengobatan herbal semakin meningkat.

Masyarakat dari berbagai kalangan tidak lagi memandang sepele manfaat herbal untuk pengobatan. Seiring dengan kecenderungan masyarakat Indonesia untuk kembali ke alam, back to nature, pengobatan herbal kembali menemukan kejayaan.

S. Wibowo menyebutkan dalam Herbal Ajaib, setidaknya terdapat lima keunggulan pengobatan herbal.

1. Efektif

Pengobatan herbal mempunyai tingkat efektivitas yang lebih unggul daripada obat berbahan kimia. Bahkan, tidak sedikit didapatkan kasus penyakit yang sukar diobati secara medis, namun bisa disembuhkan dengan obat herbal, sekalipun proses penyembuhannya butuh waktu lebih lama.

2. Mudah didapat dan murah

Obat herbal cenderung lebih murah biayanya daripada obat berbahan kimia. Selisih biaya itu muncul dari proses pembuatannya. Obat kimia membutuhkan teknologi tinggi dan modal untuk memproduksinya. Sedangkan obat herbal, hanya butuh alat seadanya dan gampang cara memproduksinya.

Selain itu, obat herbal juga mudah didapat, seperti di pagar-pagar rumah, pekarangan, kebun, taman, dan di tempat lain.

3. Hampir tidak ada efek samping

Jika digunakan dalam kondisi normal, obat-obatan herbal tidak menimbulkan efek samping. Sebab, obat herbal terbuat dari bahan-bahan organik kompleks dan bereaksi secara alami sebagaimana makanan biasa.

Hal ini berbeda  dengan obat-obat kimia bersifat anorganik, yang mana reaksi kimia yang berlangsung dalam rentang waktu panjang menimbulkan efek samping langsung atau tidak langsung.

4. Bisa diproduksi sendiri

Obat herbal bisa diproduksi sendiri dengan cara sederhana tanpa takut menimbulkan efek-efek yang kurang baik. Prosesnya tidak butuh peralatan dan teknologi canggih sebagaimana terdapat pada obat-obatan kimia, sehingga siapa pun bisa memproduksinya sendiri.

5. Menyembuhkan penyakit dari akarnya

Biasanya obat herbal tidak spesifik untuk mengobati penyakit tertentu. Di satu sisi ini adalah kelemahan, tetapi dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi sistem pengobatan herbal. Efek obat herbal yang bersifat menyeluruh memberi dampak penyembuhan paripurna hingga ke akar-akar penyebab penyakit.

Inilah lima keunggulan pengobatan herbal yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak