facebook

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Olahraga Yoga, Yuk Langsung Coba!

Zahrin Nur Azizah
Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Olahraga Yoga, Yuk Langsung Coba!
Ilustrasi yoga. (Pexels/Cliff Booth)

Yoga, seringkali dipandang sebagai olahraga yang sulit lantaran memiliki gerakan yang terlihat rumit dan sulit untuk ditiru. Padahal dibalik olahraga satu ini memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Olahraga yoga juga sering dikenal sebagai olahraga wanita, sehingga sedikit dari kaum pria untuk mencoba olahraga ini. Alasannya adalah olahraga yoga identik dengan gerakan peregangan. Padahal yoga bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu wanita maupun pria.

Tapi jika kamu masih ragu untuk memulai yoga, sekarang kamu harus tahu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari yoga.

Melansir dari seattleymca, inilah lima alasan mengapa kamu harus mulai olahraga yoga,

1. Melatih pernapasan agar lebih baik

Dalam olahraga yoga, kamu akan berlatih pernapasan dengan mengambil napas secara pelan dan dalam. Latihan ini akan membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru, relaksasi pada tubuh, dan juga meningkatkan jumlah oksigen yang terkandung dalam tubuh. Sehingga nantinya pernapasanmu akan terasa lebih enteng dan tidak lagi merasa sesak.

2. Dapat meredakan stres

Manfaat selanjutnya adalah yoga dapat mengurangi kelelahan fisik pada tubuh akibat stres. Dengan melakukan relaksasi telah mendorong tubuh untuk menurunkan hormon kortisol sehingga dapat menekan stres. Selain itu yoga juga dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung sehingga lebih stabil.

Pada saat melakukan yoga, kamu akan merasa lebih rileks dan pikiran menjadi tenang dan itu sangat membantumu untuk terhindar dari rasa kecemasan dan depresi. 

3. Melatih tubuh agar lebih fleksibel

Nah, ini dia alasan yang sering dilontarkan oleh banyak orang untuk tidak melakukan yoga. Alasannya adalah gerakan yoga yang terlihat rumit dan susah untuk diikuti. Padahal dibalik gerakannya itu tersimpan banyak manfaat yang tidak didapatkan dari olahraga lain.

Gerakan yoga membantu meningkatkan kelenturan dan pergerakan tulang agar lebih luwes dan tidak kaku. Mungkin di awal latihan banyak orang yang mengalami kesusahan untuk menyentuh jari kaki mereka. Namun harusnya itu bukan jadi alasan untuk tidak ikut yoga.

Seiring dengan banyaknya latihan, otot dan ligamen pada tubuh akan mulai terlatih dan selanjutnya akan mudah untuk mengikuti banyak pose yoga.

4. Meningkatkan kekuatan tubuh

Setiap gerakan yoga melatih setiap otot pada tubuh untuk bergerak lebih luwes. Gerakan-gerakan tersebut juga dapat meningkatkan kekuatan setiap otot dari kepala hingga kaki. Selain memperkuat otot, yoga juga dapat meredakan ketegangan dan kelelahan pada otot. 

5. Menjaga berat badan

Jika kamu ingin mendapatkan tubuh dan berat badan yang ideal maka yoga adalah salah satu solusinya. Saat melakukan gerakan yoga, pastinya kamu akan berkeringat banyak dan itu adalah hal yang normal.

Dengan banyaknya kalori yang terbakar, maka dapat menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal. Ketika melakukan yoga, pola makanmu akan terjaga juga sehingga berat badanmu tetap terkendali. 

Nah, itulah lima alasan mengapa kamu harus mulai melakukan olahraga yoga. Setelah membaca manfaat tadi, apakah kamu langsung ingin mempraktekkan gerakan yoga? Tidak ada kata terlambat untuk memulainya, kamu bisa melakukannya hari ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak