facebook

5 Dampak Negatif dari Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Zahrin Nur Azizah
5 Dampak Negatif dari Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan
Ilustrasi makanan pedas (Pixabay/ Leacky Chen)

Makanan pedas sampai sekarang masih menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Rasanya jika makanan tidak terasa pedas seperti ada yang kurang, sehingga sebagai pelengkapnya ditambah dengan sambal agar terasa lebih nikmat.

Kini telah bermunculan banyak makanan yang menawarkan berbagai level kepedasan. Contohnya seperti mi goreng dengan level setan, bakso mercon yang berisikan sambal, ayam yang digeprek dengan sambal dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya. Bahkan ada juga orang yang ingin menaikkan level kepedasan lantaran ingin menantang diri untuk makan makanan yang lebih pedas dari sebelumnya.

Makan makanan yang pedas memang memiliki manfaat. Namun beda lagi jika memakannya dalam jumlah yang berlebihan dan melebihi batas wajar. Akan selalu ada dampak negatif jika melakukan sesuatu secara berlebihan termasuk berlebihan dalam makan makanan pedas. Merangkum dari eat this dan halodoc, Inilah lima dampak negatif yang akan dirasakan ketika berlebihan dalam memakan makanan pedas.

1. Menyebabkan perut mulas hingga diare

Seringkali setiap makan makanan pedas perut akan terasa mulas. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan dengan mudah masuk ke usus besar. Saat makanan pedas ini telah masuk di usus besar, selanjutnya akan memicu peradangan atau iritasi sehingga memicu pengeluaran banyak air ke usus. Akibatnya sisa makanan tadi akan langsung dikeluarkan beserta sisa air tadi dan terjadilah diare. 

2. Memicu maag

Makanan pedas akan memicu asam lambung naik dan membuat perut menjadi perih. Jika jumlahnya berlebihan maka dapat mengikis dan membuat rapuh permukaan lambung. Kondisi ini tentu saja berbahaya, karena jika dibiarkan terlalu lama maka dapat menyebabkan gastritis (maag akut) dan perlu pertolongan medis secepatnya. 

3. Menimbulkan jerawat

Menurut Rebeccaa Tung, MD, seorang dokter kulit yang berasal dari Florida mengatakan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan jerawat. Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada usus sehingga menyebabkan sakit perut, naiknya asam lambung dan gejala lainnya. Namun terkadang iritasi juga dapat terjadi pada kulit yang ditandai dengan kulit yang memerah, berjerawat, atau bahkan eksim. Jadi alangkah lebih baik jika kamu mencatat makanan apa saja yang membuat alergi sehingga nantinya tidak akan merugikanmu kelak. 

4. Menyebabkan insomnia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa makan makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung. Nah ketika makan makanan pedas sebelum tidur, hal yang terjadi adalah perut akan mulas dan berkemungkinan diare sehingga waktu tidurmu terganggu.

Selain itu makan makanan pedas juga akan menaikkan suhu badan, sehingga tidak heran jika tubuh akan terasa panas setelah menyantap makanan tersebut. Setelah makan makanan pedas juga tidak disarankan langsung tidur karena hal itu akan membuat tubuh merasa tidak nyaman dan tentu saja itu membuatmu susah tidur. 

5. Sensitivitas lidah berkurang

Pedas sebenarnya bukan rasa, melainkan sensasi panas yang diakibatkan oleh senyawa bernama capsaicin. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan memberikan efek buruk pada lidah yaitu mengurangi kemampuan sensitivitasnya. Lidah akan mengalami kebas sehinggga fungsinya sebagai indera pengecap akan berkurang. Akibatnya lidah tidak bisa menolerir rasa pedas yang diterimanya lagi. 

Itulah lima dampak negatif yang dirasakan setelah mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Boleh saja memakan makanan pedas, asal masih dalam batas wajar sehingga tidak merugikan tubuh. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak