facebook

Segudang Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Menghidrasi Kulit

Farida Hasanatul
Segudang Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Menghidrasi Kulit
ilustrasi daun pegagan (Pixabay.com)

Centella asiatic mungkin saja masih belum begitu familiar di tengah masyarakat Indonesia. Tetapi, bagaimana jika dengan nama daun pegagan? Apakah kamu pernah mendengarnya?

Daun pegagan adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara liar yang seringkali dipakai sebagai pengobatan herbal yang diwariskan secara turun-temurun.

Daun pegagan juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kulit, hal tersebut dikarenakan daun pegagan mengandung triterpenoid, asam asiatic, asiaticoside, asam madasiatik, dan madecassoside yang baik bagi kesehatan kulit.

Merangkum dari Hellosehat, Klikdokter, Alodokter, SehatQ dan Halodoc, berikut ini beberapa manfaat dari daun pegagan:

1.  Mengurangi jerawat

Centella asiatic atau daun pegagan memiliki fungsi untuk membantu dalam menghambat adanya pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Adanya kandungan madecassoside dalam daun pegagan berfungsi sebagai antimikroba, serta bisa membantu dalam menghambat peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

2.  Mempercepat penyembuhan luka

Adanya kandungan triterpene yang ada dalam daun pegagan bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar, luka pasca-operasi maupun luka diabetes.

Dengan adanya kandungan triterpene yang terdapat dalam daun pegagan mampu untuk meningkatkan produksi kolagen. Produksi kolagen sangat penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

3.  Melembapkan kulit

Daun pegagan juga bisa membuat kulit menjadi lembab secara alami. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa menggunakan losion atau krim yang terdapat kandungan ekstrak tanaman pegagan, bisa membantu dalam merawat kelembapan kulit serta mengatasi kulit kering.

Daun pegagan juga sangat baik dalam membantu mencegah dan juga mengatasi iritasi pada kulit, hal tersebut berkat adanya kandungan zat antibakteri di dalamnya. Selain itu kandungan zat antibakteri yang terdapat di dalam daun pegagan juga mampu menghambat adanya pertumbuhan bakteri pada kulit.

4.  Menghidrasi kulit

Di dalam daun pegagan terdapat banyak sekali kandungan biokatif alami seperti saponin triterpenoid, phenolic acid, flavonoid, asam amino, steroid treterpenoid, dan juga gula. 

Berkat kandungan tersebut kulit menjadi terlindungi dari paparan radikal bebas, mengatasi peradangan, mencegah adanya penguapan air dari lapisan epidermis kulit, serta membantu dalam mempertahankan kandungan air lebih lama pada kulit.

5.  Anti penuaan

Manfaat dari daun pegagan setelah diolah menjadi skincare ialah mampu untuk mencegah timbulnya penuaan dini.

Hal tersebut dikarenakan tanaman pegagan mengandung senyawa aktif Madecassoside dan juga Flavonoid.

Senyawa tersebut berkerja sebagai antioksidan yang bisa menetralisir adanya kerusakan yang disebabkan oleh adanya paparan radikal bebas serta paparan sinar matahari dan juga polusi.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat daun pegagan yang baik bagi kesehatan kulit, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak