facebook

Kamu Penggemar Wortel? Yuk, Kenali 3 Efek Samping Jika Makan Berlebih

Nanda Putri
Kamu Penggemar Wortel? Yuk, Kenali 3 Efek Samping Jika Makan Berlebih
Ilustrasi wortel (Pexels/Mali Maeder)

Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A. Wortel biasanya sering dikaitkan dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan pada mata karena vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Hal ini kadang membuat orang yang memiliki kelainan pada mata untuk mengkonsumsi wortel secara terus-menerus dengan jumlah yang banyak. Tapi seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik.

Begitupun dengan mengkonsumsi wortel secara berlebihan, tentunya akan memberikan dampak negatif yang cukup serius.

Berikut, efek samping yang ditimbulkan jika kamu makan terlalu banyak wortel, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Keracunan vitamin A

Wortel memang kaya akan vitamin A, tapi tubuh kita memiliki kadar tertentu untuk sebuah vitamin, dimana jika berlebihan maka tentunya organ tubuh yang lainnya akan mengalami beberapa gangguan.

Menyadur STYLECRAZE, vitamin A akan larut dalam lemak, dan jika kita kelebihan vitamin A maka secara otomatis tubuh akan menyimpannya di hati atau jaringan lemak.

Dimana hal ini dapat menyebabkan akumulasi vitamin A dari waktu ke waktu sehingga menyebabkan kita keracunan karenanya.

Gejala keracunan vitamin A antara lain, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rambut rontok, kelelahan, serta adanya pendarahan pada hidung.

Keracunan vitamin A dapat menghambat pertumbuhan tulang serta mengurangi kekuatan tulang, dimana tulang akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Jika sudah parah, maka bisa mempengaruhi fungsi ginjal.

2. Menyebabkan karotenemia

Wortel mengandung beta-karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Tapi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, yang seharusnya fungsinya melindungi justru malah akan memperburuk kondisi tubuh.

Menurut The Journal of Dermatology, mengkonsumsi banyak wortel akan menambah beta-karoten dalam dosis tinggi ke dalam aliran darah.

Terlalu banyak beta-karoten dalam aliran darah, dapat menyebabkan perubahan warna kulit, kulitmu akan berubah menjadi kekuningan karenanya. Biasanya kekuningan itu terjadi pada area telapak tangan dan kaki.

3. Membuat ASI menjadi rasa wortel

Menurut studi 2019 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, ibu menyusui yang mengkonsumsi wortel setelah 1 jam, akan memberikan rasa wortel tersebut kepada ASI yang mereka hasilkan.

Tetapi ada fakta menariknya, ASI yang memiliki rasa bawang putih atau wortel, bayi akan lebih cenderung untuk mudah menerimanya.

Itulah tadi efek samping dari makan wortel secara berlebihan. Sayuran memang kaya akan manfaat baik terutama bagi kesehatan, tapi kita juga perlu tau takarannya untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Jangan sampai manfaat baik yang seharusnya kita dapatkan, berubah menjadi malapetaka bagi tubuh kita. Jadi, lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi makanan, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak