facebook

6 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Dapat Atasi Rematik dan Bronkitis

Rozi Rista Aga Zidna
6 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Dapat Atasi Rematik dan Bronkitis
Ilustrasi lengkuas (Pixabay.com/Suanpa)

Lengkuas atau alpinia galangal adalah tanaman umbi yang biasa tumbuh di berbagai tempat. Lengkuas yang juga lumrah disebut laos ini secara umum dikenal sebagai campuran bumbu masak. Selain untuk bumbu masak, ternyata lengkuas juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut enam manfaat lengkuas untuk kesehatan, berdasarkan sumber bukunya S. Wibowo, Herbal Ajaib.

1. Mengobati sakit bronkitis

Lengkuas dapat mengobati penyakit bronkitis. Caranya sangat mudah, yaitu ambil dua rimpang lengkuas dan dua rimpang temulawak ukuran sedang. Tambahkan satu sendok daun pecut kuda dan kayu manis. Lalu, tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus. Terus rebus memakai tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih. Kemudian minum dua kali sehari, pagi dan sore. 

2. Mengobati penyakit rematik

Lengkuas juga dapat membantu mengobati penyakit rematik. Caranya ialah ambil dua rimpang lengkuas ukuran sedang, diparut dan diperas airnya. Ambil sebutir telur ayam kampung, buang putih telurnya. Tambahkan setengah gelas air matang, lalu aduk sampai rata. Kemudian minum satu kali dalam sehari.

3. Mengobati sakit limpa

Lengkuas teryata juga dapat membantu atasi penyakit limpa. Cara mengkonsumsi lengkuas untuk obat sakit limpa adalah ambil satu rimpang lengkuas ukuran sedang. Tambahkan satu rimpang temulawak. Lalu tambahkan 2-3 sendok daun meniran segar atau kering. Rebus bahan-bahan tersebut memakai tiga gelas air, biarkan sampai mendidih. Kemudian minum dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore.

4. Mengobati penyakit kulit

Cara mengobati penyakit kulit menggunakan lengkuas adalah ambil satu rimpang lengkuas ukuran sedang. Lalu tumbuk lengkuas tersebut sampai halus, dengan ditambahkan kapur sirih secukupnya. Kemudian gosokkan pada bagian kulit yang sakit dua kali sehari, pagi dan sore.

5. Menambah nafsu makan

Siapa yang tidak tahu kalau lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai obat penambah nafsu makan? Caranya, ambil satu rimpang lengkuas ukuran sedang, terus ditambah tiga buah mengkudu mentah, lalu satu rimpang kecil kencur untuk menambah aroma. Ditambah lagi satu sendok teh ketumbar bubuk, satu siung bawang putih, dan tiga mata asam jawa. Lantas rebus bahan-bahan tersebut menggunakan dua gelas air, dan tambahkan gula merah secukupnya. Biarkan mendidih sampai tersisa satu gelas. Kemudian, minum dua kali dalam sehari, pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

6. Mengatasi penyakit asam urat

Cara mengkonsumsi lengkuas untuk obati penyakit asam urat ialah ambil lengkuas seperlunya dan mengkudu, ditumbuk atau diblender hingga halus. Tambahkan asam jawa. Rebus dengan tiga gelas air bersih, biarkan sampai mendidih. Terus tambahkan gula dan garam, aduk sampai rata. Peras dan saring, lalu didinginkan sesaat. Kemudian minum dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Inilah enam manfaat lengkuas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak