facebook

5 Makanan yang Pantang Dimakan bagi yang Mempunyai Kolesterol Tinggi

Vallencia Zhang
5 Makanan yang Pantang Dimakan bagi yang Mempunyai Kolesterol Tinggi
Ilustrasi junk food (Freepik.com)

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang ada di dalam tubuh yang diproduksi oleh hati secara alami. Lemak yang satu ini juga bisa didapat dari beberapa jenis makanan yang bersumber dari hewan. Kolesterol ternyata berperan penting dalam memroduksi sejumlah hormon, membentuk sel sehat dan juga vitamin D. 

Akan tetapi, jika kadar kolesterol melebihi batas normal, maka lemak yang satu ini akan menumpuk serta membentuk plak yang bisa menyumbat pembuluh darah kita.

Oleh karena itu, bagi yang mempunyai kolesterol tinggi perlu untuk mengatur pola makan. Jangan memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Merangkum dari Halodoc, berikut makanan yang pantang dimakan bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. 

1. Telur Ayam

Di dalam sebutir telur ayam ras yang lengkap dengan kuning dan putih telur setidaknya mengandung sekitar 164 mg kolesterol.

Bahkan, kuning telurnya saja sudah mengandung sekitar 242 mg kolesterol. Apalagi, jika telur digoreng menggunakan minyak palm, kadar kolesterol akan meningkat dan semakin menumpuk di dalam pembuluh darah.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng menggunakan minyak atau margarin akan menjadikan kadar kolesterol semakin meningkat. Hal ini akan bertambah semakin parah jika digoreng menggunakan minyak jelantah yang telah dipakai berulang kali.

Maka dari itu, untuk seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, ada baiknya menghindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Lebih baik jika memakan makanan yang dikukus atau direbus. 

3. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Makanan berlemak jenuh tinggi seperti daging kemasan (seperti sosis), mentega, santan kelapa ternyata mengandung kadar kolesterol yang begitu tinggi.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari makanan dengan lemak jenuh seperti ini. Kita bisa mengganti makanan itu dengan makanan lemak tak jenuh. Misalnya, mentega digantikan dengan minyak zaitun.  

4. Makanan Cepat Saji

Zaman sekarang, sepertinya kita sering tergoda untuk menyantap makanan cepat saji atau junk food dibanding makanan yang dimasak di rumah. Padahal, junk food ini tidaklah baik untuk kesehatan karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. 

5. Udang

Jika kamu adalah pencinta makanan laut, namun juga pengidap kolesterol tinggi, maka sebisa mungkin, hindari memakan udang. Karena, udang memiliki kadar kolesterol yang begitu tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan makanan laut lain seperti ikan atau cumi, kadar kolesterol udanglah yang paling tinggi.

Jika kita tetap ingin mengonsumsi makanan laut, kita bisa mengimbanginya dengan memakan sayur atau buah-buahan segar. 

Itu adalah beberapa makanan pantangan bagi kita yang mempunyai kolesterol tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak