6 Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Ketahui

Husein Fadhilah
6 Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Ketahui
ilustrasi murung. [Pixabay.com/ShiftGraphyX]

WHO mendefinisikan kesehatan mental sebagai keadaan sejahtera di mana individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, dan mampu memberikan kontribusi untuk dirinya. masyarakat.

Jadi, ketika kita berbicara tentang kesehatan mental, kita berbicara tentang faktor internal dan eksternal yang memengaruhi individu dan kesehatan serta kesejahteraan emosional mereka. Dan ketika kita menggunakan istilah seperti masalah atau gangguan kesehatan mental, kita berbicara tentang kondisi yang memengaruhi suasana hati, cara berpikir, dan kemampuan seseorang untuk mengatasinya. 

Sekarang setelah kita mengetahui apa itu kesehatan mental dan mengapa kesejahteraan mental yang positif sangat penting, mari kita lihat beberapa cara untuk menjaga kesehatanmu sendiri. Tentu saja, penting untuk dicatat terlebih dahulu bahwa kamu harus mencari seorang profesional medis jika kamu sedang berjuang dengan kesehatan mentalmu. 

Di bawah ini, kami telah menyoroti beberapa teknik untuk menjaga kesehatan mentalmu. 

1. Dapatkan bantuan saat kamu membutuhkannya

Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mentalmu adalah mencari bantuan ketika kamu sedang berjuang. Baik itu berbicara dengan orang yang dicintai atau mencari profesional medis, mendapatkan bantuan saat dibutuhkan adalah langkah penting. Jika kamu sangat membutuhkan, kamu dapat menghubungi psikiater atau konselor yang kamu percaya.

2. Kenali tanda-tandanya

Cara penting lainnya untuk menjaga kesehatan mentalmu adalah dengan mengenali tanda-tanda ketika ada sesuatu yang salah. Tentu saja, kita semua memiliki hari-hari yang buruk sekarang dan kemudian. Namun, mengetahui tanda-tanda kesehatan mental yang buruk dapat membantumu mengambil tindakan saat dibutuhkan. 

Mempelajari beberapa gejala kondisi kesehatan mental dapat membantu. Demikian pula, mencatat perasaan dan pengalamanmu sendiri dapat membantumu mengidentifikasi ketika ada sesuatu yang tidak beres. 

3. Bicarakan hal itu

Meskipun tidak selalu mudah, membicarakan perasaanmu dapat membantumu menjaga kesehatan mental yang baik. Tidak hanya dapat membantumu mengatasi dan mengatasi beban mentalmu, tetapi juga dapat membantumu merasa didukung oleh dan terhubung dengan orang lain. Terapi bicara sering digunakan untuk mengobati masalah seperti depresi dan kecemasan. 

4. Jaga kesehatan fisikmu Hubungan antara kesehatan fisik dan mental sering ditonjolkan, dan menjaga yang satu seringkali membantu menjaga yang lain. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa tetap aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan mentalmu. 

Misalnya, olahraga teratur dapat membantu tidur, memperbaiki suasana hati, dan membantumu mengelola stres dan kecemasan. Satu studi bahkan menunjukkan penurunan 26% dalam kemungkinan menjadi depresi untuk setiap peningkatan besar dalam aktivitas fisik yang diukur secara objektif. 

Pastikan kamu memiliki waktu untuk aktif secara teratur. Baik itu jalan-jalan biasa, bersepeda, atau pergi ke gym, bahkan sedikit olahraga dapat membuatmu merasa lebih baik. 

5. Kerjakan rutinitas tidurmu

Sekali lagi, berbagai penelitian telah merinci hubungan antara tidur dan kesehatan mental. Mereka yang menderita kondisi kesehatan mental mungkin merasakan hal itu memengaruhi pola tidur mereka. Demikian pula, mereka yang kesulitan tidur mungkin berisiko lebih besar terkena penyakit mental tertentu. 

Dalam langkah terbuka tentang kebiasaan tidur yang baik, kamu dapat mempelajari tentang cara mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Dengan demikian, kamu dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. 

6. Cobalah meditasi dan minfulness

Ada berbagai teknik yang dapat membantumu untuk menjaga kesehatan mental yang positif. Dua hal yang harus dipelajari secara rinci dan terkait erat adalah praktik mindfulness dan meditasi. Selain mengurangi stres, teknik ini telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. 

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) bahkan merekomendasikan praktik mindfulness sebagai cara mengelola depresi. Penelitian juga menunjukkan dampak positif meditasi dalam mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan bahkan membantu mengobati kecemasan, kecanduan, agresi, dan depresi.

Itulah keenam tips efektif untuk menjaga kesehatan mental. Sudahkah kamu mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak