Perhatikan! 4 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

Rafi Alvirtyantoro
Perhatikan! 4 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan
Ilustrasi air lemon di dalam wadah. (Pexels.com/Julia Zolotova)

Lemon dan buah jeruk lainnya terkenal dengan rasanya yang asam dan menyegarkan. Air lemon adalah jus dari buah lemon yang dikombinasikan dengan air dan dapat diminum panas atau dingin.

Umumnya air lemon aman bagi kebanyakan orang, tetapi ada beberapa pertimbangan jika kamu memilih untuk minum air lemon. Namun di balik itu, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Merangkum dari BBC Goodfood, berikut adalah empat manfaat air lemon untuk kesehatan.

1. Sumber Hidrasi

Dehidrasi sering terjadi dan dapat disertai dengan sakit kepala, pusing, dan kelelahan. Itulah alasan bahwa sangat penting untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup cairan saat berolahraga atau dalam cuaca panas. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk meminum air lemon.

Air adalah nutrisi penting dan tanpanya kamu hanya dapat bertahan hidup selama beberapa hari. Faktanya, itu terkandung dalam 75% dari berat badan bayi dan 55% dari orang dewasa.

Jika kamu adalah orang yang sulit minum air, maka menambahkan lemon ke air panas atau dingin bisa membuatnya lebih enak. Coba lakukan ini setiap harinya agar bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Kombinasikan juga dengan tambahan buah lain yang juga bisa menjadi sumber hidrasi. Minumlah 6-8 gelas setiap harinya.

2. Sumber Vitamin C

Selama berabad-abad, lemon sangat diperlukan untuk mengobati penyakit kudis. Kondisi yang sekarang langka dan dapat berkembang melalui kekurangan vitamin C (asam askorbat). Vitamin C sering diklaim untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, tapi penelitian tetap tidak meyakinkan.

Satu studi menemukan bahwa meskipun vitamin C tidak mencegah orang sehat terkena flu biasa, vitamin C dapat mempersingkat durasi gejala, dan dapat mengurangi separuh risiko flu biasa pada orang yang terpapar stres fisik ekstrem dalam waktu singkat. Air lemon bisa menjadi solusinya karena mengandung banyak vitamin C.

3. Membantu Pencernaan

Beberapa orang merasa minum segelas air lemon, terutama di pagi hari, membantu keteraturan pencernaan. Meskipun ini sebagian besar subjektif dan laporan bersifat anekdot, penelitian pada tikus memang menunjukkan beberapa harapan.

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa konsumsi seumur hidup dari minuman yang kaya polifenol lemon tampaknya menunda perubahan terkait usia yang terlihat di usus, termasuk perubahan keseimbangan bakteri usus yang menguntungkan.

4. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat yang ada dalam jus lemon dapat membantu mencegah batu ginjal yang disebabkan oleh penumpukan kalsium oksalat, dan cairan ekstra dari air dapat membantu menjaga hidrasi dan mengeluarkan batu potensial. Oleh karena itu, air lemon bisa memberikan manfaat seperti itu dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Itulah empat manfaat air lemon untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk memiliki tubuh yang sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak