4 Tips Memilih Waktu Terbaik untuk Bermeditasi Selain Pagi, Yuk Ketahui!

Aditya Prayogi
4 Tips Memilih Waktu Terbaik untuk Bermeditasi Selain Pagi, Yuk Ketahui!
ilustrasi meditasi (pexels/Prasanth Inturi)

Tak sedikit dari kita kesulitan dalam memilih waktu terbaik untuk bermeditasi, pasalnya, olahraga meditasi memang membutuhkan motivasi dan keinginan kuat untuk dilaksanakan pada sela-sela kesibukan aktivitas. 

Namun, kebanyakan ahli menyarankan bahwa pagi merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga meditasi, karena lebih dapat meningkatkan stamina dan kinerja otak untuk mengawali aktivitas sehari-hari. Sayang, karena adanya beberapa perusahaan yang mewajibkan sistem kerja shift, mengharuskan para pekerja untuk lembur sehingga tak memampukan mereka dalam melaksanakan olahraga meditasi di pagi hari.

Meski demikian, kamu tetap dapat merasakan sejumlah  manfaat dari olahraga meditasi tanpa harus melaksanakannya di pagi hari, Penasaran? Inilah 5 tips memilih waktu terbaik untuk bermeditasi, seperti dilansir dari Verywell mind berikut adalah penjelasannya.

1. Coba lakukan pada jam istirahat makan siang

ilustrasi meditasi (pexels/Andrea Piacquadio)
ilustrasi meditasi (pexels/Andrea Piacquadio)

Jika dirimu memang kesulitan untuk melakukan olahraga meditasi di pagi hari, coba pertimbangkan untuk melaksanakannya usai jadwal makan siang. Saran ini cukup bagus apabila dirimu tengah didera stres saat bekerja, maka melaksanakannya tandas akan mengembalikan stamina dan suasana hatimu menjadi lebih baik. 

Caranya adalah dengan menyingkirkan untuk sementara dari meja kantor dan kemudian temukan tempat yang tenang, sepi, dan senyap. Jika dirimu bekerja dari rumah, maka beranda belakang rumah adalah tempat yang sangat direkomendasikan.

2. Pada sore hari

ilustrasi meditasi (pexels/Firshad Tuttoos)
ilustrasi meditasi (pexels/Firshad Tuttoos)

Melaksanakan olahraga meditasi selepas menjalankan aktivitas suntuk seharian dapat membantu dirimu kembali relaks dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini juga sangat membantu siapa saja yang tengah mengalami masalah kesulitan tidur. 

Nah, sebaiknya lakukan meditasi dalam rentang waktu 10-20 menit sebelum tidur. Kamu dapat menggunakan metode latihan pernapasan atau mendengarkan musik-musik yang tenang saat memicingkan mata.

3. Selepas pulang bekerja

ilustrasi meditasi (pexels/Kelvin Valerio)
ilustrasi meditasi (pexels/Kelvin Valerio)

Kebanyakan orang akan merasakan gejala kecapekan usai bekerja seharian penuh, pada saat ini juga seseorang akan mengalami peningkatan stres. Maka, melaksanakan olahraga meditasi dapat menjadi opsi terbaikmu untuk mengatasinya.

4. Usai berolahraga

ilustrasi meditasi (pexels/cottonbro)
ilustrasi meditasi (pexels/cottonbro)

Meditasi juga merupakan opsi terbaik untuk gerakan pendinginan usai melakukan berolahraga berat. Jika kamu tengah mengalami kelelahan fisik setelah pergi ke gym, studio yoga, atau berlari, luangkan beberapa menit untuk duduk dengan tenang dan fokus pada pergerakan napas. Ini dapat membantumu dalam memusatkan pikiran dan meredakan ketegangan pasca latihan yang mungkin kamu rasakan.

Itulah tadi 4 tips memilih waktu terbaik untuk bermeditasi selain di pagi hari, meditasi dapat membantumu bersemangat dalam mengawali hari dan meredakan tingkat stres yang menggejala di sela-sela aktivitas dan pekerjaan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak