Wajib Diperhatikan! Simak 4 Tips Olahraga agar Tubuh Tidak Cepat Lelah

Riza Agustian
Wajib Diperhatikan! Simak 4 Tips Olahraga agar Tubuh Tidak Cepat Lelah
Ilustrasi wanita berolahraga (Pexels.com/@olly)

Olahraga sangat bagus untuk kesehatan, jika kamu rutin berolahraga maka tubuhmu akan sehat dan bugar. Waktu yang diperlukan untuk berolahraga setiap harinya sekitar 30 menit, namun sering kali sebelum 30 menit ada banyak orang sudah merasakan lelah.

Jika sudah lelah maka semangat untuk berolahraga pun menurun drastis. Dilansir dari Halodoc, berikut 4 tips olahraga agar tubuhmu tidak cepat lelah.

1. Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Olahraga tanpa melakukan pemanasan sangatlah tidak baik, efeknya tubuh menjadi cepat lelah bahkan bisa berujung cedera.

Kamu harus melakukan pemanasan selama 10 hingga 15 menit sebelum melanjutkan olahraga, ini bertujuan agar otot-ototmu sudah terbiasa dengan gerakan yang akan kamu lakukan nantinya.

Jika kamu sudah melakukan pemanasan maka tubuhmu akan lebih kuat ketika berolahraga, dan potensi terjadinya cedera sangat kecil. 

2. Minum Air Putih

Minum cukup air merupakan salah satu upaya agar ketika berolahraga tubuh tidak cepat lelah, minum air putih sebelum berolahraga mampu memberikan energi pada tubuhmu.

Aktivitas olahraga akan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh lewat keringat, maka kamu harus lebih banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Cukupilah asupan air dalam tubuh ketika kamu berolahraga, dengan begitu tubuh tidak akan cepat lelah ketika mulai melakukan aktivitas olahraga.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup akan membuat tubuhmu lebih bugar, apalagi bagi kamu yang ingin berolahraga di pagi hari maka penting untukmu mempunyai jam tidur yang cukup.

Jika kamu cukup tidur maka tubuhmu akan lebih kuat ketika melakukan aktivitas olahraga dan tubuhmu pun tidak akan cepat lelah.

Jika kamu mempunyai jam tidur yang cukup maka ketika berolahraga, tubuhmu tidak akan cepat lelah karena tubuhmu sudah menyimpan energi saat kamu tidur di malam hari. 

4. Rutin Berolahraga

Olahraga jangan hanya dilakukan ketika hari libur saja atau dalam sebulan hanya kamu lakukan di hari tertentu saja. Jika kamu jarang berolahraga, maka tubuhmu tidak akan terbiasa dan efeknya tubuhmu mudah lelah dan pegal-pegal. Maka mulailah untuk melakukan olahraga setiap hari meski hanya sebentar saja.

Rutin berolahraga akan mempunyai banyak manfaat, selain membuat tubuh tetap sehat juga mampu membuat otot-ototmu lebih kuat karena sudah terbiasa dengan aktivitas olahraga setiap harinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak