3 Manfaat Bunga Lavender bagi Kesehatan Mental

Rafi Alvirtyantoro
3 Manfaat Bunga Lavender bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi bunga lavender. (Pexels/pixabay)

Bunga merupakan salah satu tanaman yang disukai oleh banyak orang. Bunga bisa menyenangkan kamu pada situasi-situasi tertentu dan juga menghibur kamu saat sedih atau bosan. Bunga memiliki manfaat kejutan yang tidak kamu sadari, salah satunya adalah lavender. Kesehatan mental kamu yang sebelum memburuk bisa perlahan meningkat karena manfaat dari bunga.

Merangkum Push Doctor, berikut adalah tiga manfaat bunga lavender bagi kesehatan mental.

1. Menurunkan Kecemasan

Stress atau kecemasan yang biasa kamu rasakan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Pastinya ada kecemasan yang pernah kamu alami, entah itu tingkat rendah ataupun tinggi. Meskipun ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan, ternyata bunga bisa membantu memulihkan ketenangan jangka pendek pada situasi tersebut.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa pasien rumah sakit yang memiliki bunga di gambarnya merasa kecemasannya berkurang. Pasien tersebut juga terlihat lebih positif tentang pemulihannya dan membutuhkan lebih sedikit perawatan pasca operasi dibandingkan pasien lainnya yang tidak menanam bunga di kamarnya. Kamu bisa menanam bunga di lingkungan tempat tinggalmu dengan jumlah yang cukup.

Baca juga: Link Streaming Piala Dunia 2022 Swiss vs Kamerun Secara GRATIS

2. Membantu untuk Tidur

Tidur adalah hal yang penting dalam hidupmu. Ada beberapa bunga yang bisa membantumu untuk tidur dengan tenang. Salah satunya adalah aroma lavender yang terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah sehingga kamu akan merasa rileks.

Ketika kamu sudah rileks dan tenang semakin besar kemungkinan kamu akan terlindung dengan lelap dan minyak. Lavender tidak bisa menyembuhkan insomnia dengan sendirinya tapi bisa membantu sebagai bagian dari rutinitas tidur. Kamu bisa mencoba ini jika memiliki gangguan tidur atau insomnia. Mungkin efeknya akan kamu rasakan secara bertahap.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Pada tahun 2015, para peneliti melakukan eksperimen yang sangat menarik di mana para peserta masuk ke dalam satu dari tiga ruangan dan menyelesaikan tes memori. Setiap ruangan memiliki aroma yang berbeda, seperti rosemary, lavender, dan aroma lainnya yang tak tentu.

Baca juga: Istri-Istri eks Kapolres Muara Enim Disebut Cuma Ngejar Harta, Zanzabella: Cuma Rebutan Harta Itu

Mereka diuji untuk mengetahui dampak dari bau yang berbeda pada memori otaknya. Orang-orang yang berada di ruangan beraroma rosemary mendapatkan letter tinggi dalam tes ini, sehingga bisa dibilang bahwa aroma bunga, khususnya rosemary bisa membantu dalam meningkatkan daya ingat.

Itulah tiga manfaat bunga levender bagi kesehatan mental. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk memiliki mental yang sehat dan kuat.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak