Ini 5 Alasan Kamu Perlu Jaga Jarak Sejenak dari Ponsel, Bisa Lebih Sehat Lho!

Dian Haerani
Ini 5 Alasan Kamu Perlu Jaga Jarak Sejenak dari Ponsel, Bisa Lebih Sehat Lho!
Ilustrasi orang bekerja dekat ponsel (Pexels/Vlada Karpovich)

Tidak bisa dipungkiri kalau zaman sekarang, ponsel sudah menjadi belahan jiwa bagi kebanyakan orang. Selama dua puluh empat jam di setiap harinya, ponsel sangat mendominasi kehidupan kita. Entah karena memang perannya sebagai alat komunikasi yang sangat penting ataupun hanya karena hiburan yang ada di dalamnya. Tapi tahukah kamu kalau kita perlu menjaga jarak dengan ponsel pada waktu-waktu tertentu? Hal itu dimaksudkan untuk kualitas hidup kita agar menjadi lebih baik.

Lalu apa sebenarnya alasan kita perlu menjaga jarak sejenak dari ponsel? Simak lima poin di bawah ini yang dikutip dari www.innerdrive.co.uk.

1. Menurunkan Tingkat Konsentrasi

Kita perlu menjaga jarak sejenak dari ponsel karena benda tersebut bisa menurunkan level konsentrasi kita. Kamu pasti sering mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan lainnya dengan ponsel yang tetap berada di sekitarmu, bukan? Tanpa disadari, karena ponsel yang berada di dekat kita itu, tugas dan pekerjaan kita selesai dalam waktu yang lebih lama karena distraksi dari ponsel yang mengurangi kemampuan konsentrasi kita.

Baca juga: Bawa Poster Mesut Ozil sambil Tutup Mulut, Suporter Qatar Sindir Balik Timnas Jerman

2. Meningkatkan FOMO

FOMO (Fear Of Missing Out) adalah keadaan seseorang yang merasa takut akan ketertinggalan yang berlebihan. Ketika kita terlalu sering berselancar di dalam ponsel dan mengintip ke dunia luar melalui benda canggih tersebut, kita jadi merasa penasaran akan banyak hal yang didapati. Kita bisa merasa takut karena sesuatu yang lewat beranda media sosial kita tidak kita ketahui detailnya.

3. Memunculkan Stres dan Anxiety

Tentu saja ponsel bisa memunculkan stres dan anxiety. Terlalu banyak berduaan dengan ponsel bisa membuat kita merasa kesepian karena minat sosialisasi yang hilang. Stres dan anxiety bisa timbul karena hal tersebut.

4. Mengurangi Daya Ingat

Pesan singkat yang sering muncul dalam ponsel bisa menimbulkan distraksi yang membawa kita pada sifat pelupa. Jadi, untuk mempertahankan daya ingat yang kuat, yuk jauhkan ponselmu sejenak dan beristirahatlah.

Baca juga: Terkuak! Ini Alasan Jungkook BTS Tampil Sendiri di Pembukaan Piala Dunia 2022

5. Membuat Kualitas Tidur Memburuk

Ini adalah dampak penggunaan ponsel yang paling banyak dialami orang-orang. Cahaya biru yang memancar dari benda yang umumnya berbentuk persegi panjang itu bisa mengganggu kualitas dan durasi tidur kita. Kalau kamu merasa sering terserang insomnia, coba kurangi durasi main ponselmu agar kualitas tidurmu bisa membaik.

Itu dia lima alasan kenapa kita perlu menjaga jarak dari ponsel. Semoga kita tidak tercandu-candu yaa.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak