Hidup Sehat dengan Minum Air Mineral Setiap Hari, Berapa Takarannya?

dilla meiliana idris
Hidup Sehat dengan Minum Air Mineral Setiap Hari, Berapa Takarannya?
Ilustrasi minum air putih. (Pexels/MaurĂ­cio Mascaro)

Air mineral atau yang biasa di kenal dengan air putih tentu saja bukan hal asing di kalangan masyarakat. Pada saat ini banyak orang di kalangan masyarakat jarang minum air mineral, mereka bahkan menyepelekan manfaat minum air mineral bagi tubuh manusia. Kebanyakan orang lebih sering meminum minuman yang memiliki rasa contohnya kopi dan teh. Padahal minum air mineral yang cukup setiap hari merupakan kewajiban yang harus di penuhi oleh semua orang.

Terdapat kandungan air sekitar 60% - 70% dari berat tubuh di dalam tubuh manusia. Dapat disimpulkan bahwa setiap organ yang ada di dalam tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air mineral. Setiap hari tubuh manusia mengeluarkan banyak cairan secara terus - menerus melalui urine dan keringat. Oleh karena itu manusia harus menggantikan cairan yang keluar dengan minum air mineral.

Disarankan oleh The US National Academies of Sciences, Engineering, dan Medicine untuk minum air 11,5 cangkir atau 2,7 liter untuk wanita dan 15,5 cangkir atau 3,7 liter untuk pria per hari. Mungkin banyak kalian sering dengar pesan untuk minum air mineral 8 gelas atau 2 liter per hari namun pesan itu tidak bisa dijadikan patokan karena kebutuhan air di setiap manusia berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan air manusia, faktor tersebut adalah tempat tinggal, lingkungan, aktivitas, dan ibu hamil.

BACA JUGA: Berapa sih Mas Kawin dari Anak Presiden? Intip Jumlah Mas Kawin Kaesang Pengarep yang Dispill Pihak KUA

Selain untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh, minum air mineral juga sangat penting untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh. Hidrasi merupakan cairan seimbang dalam tubuh yang merupakan syarat terpenting untuk keberlangsungan hidup seseorang. Selain itu minum air mineral juga sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia. Yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang dan otot karena di dalam air mineral terdapat kalsium dan magnesium bikarbonat yang menyerap kedalam tubuh untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan otot.

Yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan jantung, selain dapat memelihara kesehatan tulang dan otot, kandungan magnesium dalam air mineral juga dapat berperan dalam mengontrol kerja otot jantung dan irama jantung. Selanjutnya kandungan magnesium dalam air mineral juga dapat mencegah dan mengatasi sembelit, hal ini dapat terjadi karena magnesium menarik air kedalam rongga usus sehingga tekstur tinja menjadi lebih lunak.

BACA JUGA: Blak-blakan Soal Nafkah, Mawar AFI Sindir Menohok Steno Ricardo: Kami Ngontrak Aja Patungan

Nah dari bacaan di atas sudah dijelaskan bahwa minum air mineral merupakan salah satu syarat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan untuk keberlangsungan hidup manusia. keuntungan minum air mineral pun sangat banyak bagus untuk kesehatan manusia. Maka dari itu ayo minum air mineral yang cukup dari sekarang.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak