Dikenal sebagai Lauk Murah Meriah, Inilah 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Firda Amalia
Dikenal sebagai Lauk Murah Meriah, Inilah 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan
Ilustrasi tahu (Freepik/Jcomp)

Tahu merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Tahu memiliki beragam jenisnya. Ada tahu kuning, tahu sutra, tahu putih dan lain sebagainya. Meski harganya terbilang cukup murah, ternyata tahu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. 

Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini, rupanya memiliki protein nabati, bebas gluten dan rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Untuk lebih jelas mengenai manfaat mengonsumsi tahu untuk kesehatan, yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini berdasarkan pada lansiran sehatQ dan hellosehat.

1. Mengurangi risiko kanker payudara

Setidaknya wanita yang mengonsumsi produk kedelai seminggu sekali bisa dikatakan memiliki risiko penyakit kanker payudara yang menurun sebanyak 48-56 persen. 

Selain itu, kandungan isoflavon yang terdapat pada tahu, akan juga berpengaruh pada siklus menstruasi serta kadar estrogen. Nah, oleh sebab itu jika perempuan yang sejak kecil mengonsumsi produk kedelai, maka manfaat tahu bisa banyak dirasakan.

2. Mencegah obesitas

Tahu yang diolah secara direbus memiliki kadar kalori yang rendah. Sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Tak hanya itu saja, tahu juga menjadi salah satu makanan yang mengenyangkan. Sehingga bisa menekan makan secara berlebihan dan mampu mencegah obesitas.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Produk olahan dari kacang kedelai, termasuk tahu bisa melancarkan sistem pencernaan, lho. Hal ini karena kaya akan serat. Mengutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan yang berserat tinggi akan berpengaruh pada sistem pencernaan seperti mengontrol gerak usus, sehingga bisa terhindar dari penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit. 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tak sedikit penelitian yang menunjukkan jika mengonsumsi pangan nabati termasuk tahu mampu menurunkan penyakit jantung. 

Tahu memiliki kandungan isofavon yang tinggi. Isoflavon pada kacang kedelai mampu menurunkan pradangan pada pembuluh darah dan juga meningkatkan kelenturannya. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi secara rutin, maka memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

5. Menurunkan risiko terkena osteoporosis

Tahu mampu menurunkan risiko terkena osteoporosis. Hal ini karena tahu kaya akan kalsium, yang bahkan faktanya kalsium pada satu porsi tahu atau setara 4 ons sama dengan kandungan kalsium pada 8 ons susu sapi. Itulah sebabnya mengonsumsi tahu mampu meningkatkan kesehatan tulang yakni terhindar dari osteoporosis.

Demikianlah manfaat tahu untuk kesehatan. Meski disebut makanan murah meriah yang dicintai banyak orang, ternyata manfaatnya juga tak kalah untuk kesehatan. 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hikmawan Firdaus

Tampilkan lebih banyak