facebook

6 Tips Membuat Podcast, Ternyata Mudah Banget!

Jessie YiCha
6 Tips Membuat Podcast, Ternyata Mudah Banget!
Ilustrasi Membuat Podcast (Unsplash/Will Francis).

Beberapa tahun terakhir, podcast menjadi salah satu jenis konten yang semakin populer untuk berbagai tujuan. Orang-orang memulai channel podcast untuk membuat konten hiburan, talkshow, pendidikan, pemasaran, dan lain-lain. Larisnya konten podcast ini antara lain disebabkan karena formatnya yang hanya berupa audio, sehingga audiens bisa mendengarkannya sembari mengerjakan hal-hal lain. 

Semakin banyak pula orang yang ingin menjadi kreator podcast karena cenderung simpel, hanya berupa audio, dan tidak serumit pembuatan konten lainnya. Namun, untuk memulainya, kamu membutuhkan beberapa persiapan supaya konten podcast yang dibuat bisa berkualitas. Ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai sebuah channel podcast

Tentukan judul dan niche

Sebelum mulai membuat channel podcast, kamu perlu menentukan judul acara podcast yang ingin kamu buat. Kemudian, pilihlah satu niche atau segmen pasar terspesifikasi karena ini akan menentukan gaya bicara, orientasi konten, dan cara penyampaian informasi dalam podcast nantinya. Tema-tema yang akan kamu bawakan juga akan berdasar pada judul acara dan niche yang telah ditentukan sebelumnya. 

Ciptakan ciri khas

Langkah selanjutnya adalah menciptakan ciri khas yang membuat channel-mu dapat diingat oleh orang-orang. Kamu bisa memulai branding dengan membuat logo, slogan opening, instrumen intro, dan gaya desain cover podcast yang konsisten. Kamu perlu mengimplementasikan semua elemen branding ini pada setiap konten yang kamu upload nantinya. 

Buat skrip

Meskipun kamu adalah tipe orang yang menyukai spontanitas, membuat skrip tetap merupakan tahap yang harus dilakukan. Jika kamu baru mulai belajar teknik-teknik dasar penyiaran, kamu bisa menggunakan skrip narasi yang lengkap, kemudian sambil berlatih untuk berimprovisasi sedikit-sedikit saat proses recording. Namun, jika kamu sudah terbiasa melakukan siaran, kamu mungkin hanya memerlukan poin-poin pembicaraan dan mencatat data-data penting saja, lalu mengembangkan kata-kata secara spontan saat recording

Rekam audio

Kini saatnya melakukan tahap utama dalam pembuatan podcast. Luangkan waktu khusus dan siapkan tempat yang tenang untuk mulai merekam audio. Untuk pemulaan, kamu bisa menggunakan handphone atau laptop dan earphone saja. Pastikan jarak antara mulut dan speaker sudah tepat supaya tidak ada noise pada hasil rekaman. 

Edit hingga siap diunggah

Setelah selesai merekam, kamu perlu mengedit bagian-bagian tertentu supaya terdengar lebih mulus. Tambahkan pula slogan opening dan backsound jika diperlukan. Pastikan backsound yang kamu gunakan sudah bebas copyright, ya. Untuk mengedit audio, gunakan aplikasi MP3 editor yang banyak tersedia di Playstore. Jika belum terbiasa, kamu bisa menggunakan aplikasi video editor yang biasa dipakai, kemudian convert hasilnya ke MP3. 

Pilih platform untuk mengunggah podcast

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memilih platform untuk mengunggah podcast yang telah dibuat. Kamu bisa menggunakan Spotify, Anchor, atau Google Podcast. Pemilihan platform ini perlu disesuaikan dengan target market yang kamu tuju supaya bisa mendapat banyak pendengar. 

Itulah 6 tips untuk memulai podcast. Mudah sekali bukan? Mimpimu menjadi kreator podcast dimulai dari sini. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak