facebook

5 Universitas Terbaik di Indonesia Menurut QS World University Rankings 2023

Jessie YiCha
5 Universitas Terbaik di Indonesia Menurut QS World University Rankings 2023
Ilustrasi universitas di Indonesia (Pixabay/cicityara).

Mayoritas orang menginginkan pendidikan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Pendidikan tersebut dapat ditempuh melalui institusi formal maupun informal. Jenjang terakhir dari pendidikan formal adalah di universitas. Dalam memilih universitas, seseorang memerlukan modal yang cukup besar dan komitmen yang tinggi, sehingga masa kuliah menjadi salah satu transisi terpenting dalam hidup.

Oleh karena itu, memilih universitas yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita perlu dilakukan dengan cermat. Setiap tahunnya, QS World University Rankings membuat pemeringkatan universitas-universitas di dunia dari berbagai aspek, yaitu reputasi akademik, serapan tenaga kerja, rasio mahasiswa dengan guru, hasil riset, dan rasio mahasiswa internasional. Berdasarkan hasil riset tersebut, inilah 5 universitas terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings 2023.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Foto Universitas Gajah Mada (Instagram/story.ugm)
Foto Universitas Gajah Mada (Instagram/story.ugm)

Universitas Gajah Mada menempati ranking 231 secara global. Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di kota Yogyakarta ini didirikan sejak tahun 1949. Saat ini, UGM telah memiliki 18 fakultas dengan lebih dari 100 program studi. Jurusan-jurusan dengan peminat terbanyak di UGM pada tahun 2022, antara lain Kedokteran, Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Foto Institut Teknologi Bandung (itb.ac.id)
Foto Institut Teknologi Bandung (itb.ac.id)

Institut Teknologi Bandung adalah institusi teknik pertama yang didirikan di Indonesia. ITB menempati ranking 235 secara global. Universitas yang beroperasi sejak tahun 1959 ini telah menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di bidang teknik. Alumninya yang terkenal, antara lain Ridwan Kamil dan B. J. Habibie. Selain kualitas pendidikan yang tinggi, serapan tenaga kerja untuk alumni ITB juga sangat tinggi. Bahkan diketahui gaji rata-rata lulusan ITB dapat mencapai 9.310.898 per bulan.

Universitas Indonesia (UI)

Foto Universitas Indonesia (Unsplash/Ammar Andiko).
Foto Universitas Indonesia (Unsplash/Ammar Andiko).

Berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking, Universitas Indonesia menempati urutan 248 secara global. Universitas ini menjadi perguruan tinggi terbesar di Indonesia ke-5 dengan luas wilayah mencapai 320 hektare. Ia juga merupakan universitas tertua di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1849. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa berlomba-lomba masuk ke universitas ini. Nyatanya, memang banyak alumni UI yang berprestasi dan memegang posisi penting dalam masyarakat, seperti Sri Mulyani, Dian Sastrowardoyo, Tere Liye, dan masih banyak lagi. 

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga, Jawa Timur (unair.ac.id)
Universitas Airlangga, Jawa Timur (unair.ac.id)

Perguruan tinggi negeri yang satu ini terletak di Surabaya dan menempati urutan 369 secara global. Selain mengenyam kualitas pendidikan terbaik, kamu juga dapat menikmati pemandangan kampus yang asri. Ada kolam dan danau yang selalu ramai dikerumuni mahasiswa. Berdasarkan situs PTN LTMPT, jurusan paling ramai peminat di Unair, antara lain kedokteran, psikologi, farmasi, dan manajemen.

Institut Pertanian Bogor

Foto Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)
Foto Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

IPB awalnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia di fakultas pertanian. Namun, sejak tahun 1963, IPB menjadi perguruan tinggi sendiri dan saat ini menempati ranking 449 secara global. Universitas yang terletak di kota Bogor ini cenderung unggul di bidang sains dan sangat menonjolkan kualitas risetnya. Salah satu alumni penting dari IPB, yaitu mantan presiden ke-6 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. 

Itulah 5 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Rankings 2023. Universitas mana yang menjadi impianmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak