facebook

5 Skill yang Harus Dikuasai Digital Marketer, Pelajari Baik-baik

Jessie YiCha
5 Skill yang Harus Dikuasai Digital Marketer, Pelajari Baik-baik
Ilustrasi kegiatan digital marketer (Unsplash/Firmbee.com).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa digital marketing specialist menjadi profesi yang paling dibutuhkan pada abad 21. Permintaan terhadap tenaga kerja di bidang ini diperkirakan akan meningkat hingga 10% pada tahun 2026. Permintaan profesi digital marketer juga mengalami peningkatan tertinggi dibanding profesi lainnya di LinkedIn pada tahun 2021. Oleh karena itu, tak heran semakin banyak orang yang ingin mempelajari digital marketing.

Namun, sebelum mulai terjun di bidang pekerjaan ini, kamu tentunya harus menguasai beberapa hard skill yang akan sangat dibutuhkan selama bekerja nanti. Digital marketing memiliki banyak scopes dan tentunya akan sangat menguntungkan bila kamu bisa memiliki spesialisasi pada satu bidang tertentu. Namun, saat baru pertama kali terjun, ada baiknya kamu mempelajari beberapa kemampuan dasar digital marketing sekaligus supaya bisa mengeksplor banyak hal saat bekerja nanti. 

Berikut ini 5 skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi digital marketing specialist. Skill ini akan menjadi kemampuan yang selalu dicari-cari perusahaan sehingga membantumu cepat dapat kerja.

Sales

Sales atau penjualan adalah kegiatan menjual suatu produk atau jasa kepada konsumen secara langsung. Orang yang melakukan kegiatan ini seringkali disebut sales man. Mereka adalah pelaku dari kegiatan marketing funnel paling dasar yang berinteraksi langsung dengan calon konsumen dan bertugas menciptakan closing penjualan. Sebagai seorang digital marketer, ada baiknya jika kamu memiliki pengalaman di bidang sales sehingga bisa memahami customer behaviour secara menyeluruh.

Email marketing

Email marketing adalah salah satu cara memasarkan produk dengan mengirimkan konten komersial melalui surel. Teknik email marketing biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan teknologi dalam bentuk newsletter yang rutin dikirimkan secara periodik. Hal yang perlu kamu pelajari dalam membuat email marketing, antara lain copywriting dan page layouting

Landing page building

Landing page merupakan laman penawaran produk atau jasa yang hendak kamu jual kepada konsumen. Di laman ini, semua detail informasi tentang produk akan disampaikan. Untuk membuat landing page yang baik, kamu sebaiknya mempelajari teknik dasar pembuatan website sederhana, copywriting, dan UI design supaya laman yang kamu buat dapat menarik calon konsumen.

SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu bidang digital marketing yang berfokus pada optimasi kata kunci untuk mengundang traffic website yang lebih besar. Dengan memilih kata kunci yang tepat, website dan konten buatanmu berpotensi masuk ke halaman pertama Google sehingga tokomu dapat dikenal banyak orang, yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Social Media Marketing

Media sosial menjadi sarana promosi paling efektif di dunia modern ini. Berbagai jenis media sosial memiliki target audiens dan algoritmanya sendiri. Analisa tren, aturan pemasangan iklan, dan teknik pembuatan konten yang menarik merupakan hal yang wajib dipelajari oleh seorang digital marketer

Itulah 5 skill yang wajib dikuasai oleh seorang digital marketer. Mana yang sudah kamu kuasai? Skill apa yang hendak kamu pelajari setelah ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak