facebook

5 Manajer Sepakbola Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Calvin Vadero
5 Manajer Sepakbola Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu
Pep Guardiola, Manajer Manchester City (Instagram:pepteam /calvin)

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling kompleks di dunia. Mengingat banyaknya kemungkinan formasi dan kecenderungan taktis yang tersedia untuk tim sepak bola di era modern, sepak bola telah berkembang secara efektif menjadi bentuk catur yang bergerak. Sementara para pemain biasanya menjadi pusat perhatian, manajer sepak bola sama pentingnya bagi keberhasilan klub sepak bola.

Permainan yang indah telah mengalami beberapa fase evolusi selama bertahun-tahun. Inovasi dalam sepak bola sama tuanya dengan olahraga itu sendiri dan para manajer serta ahli taktik telah menghabiskan puluhan tahun mengasah keterampilan mereka dan menyempurnakan pemikiran mereka. Manajer terbaik dalam sejarah sepak bola ditentukan oleh umur panjang mereka dan efek transformatif mereka pada permainan.

Sepak bola seperti yang kita kenal sekarang telah dibentuk oleh pikiran paling revolusioner yang menghiasi olahraga ini. Para visioner ini adalah pemberontak dalam arti kata yang sebenarnya dan menjalankan bisnis mereka dengan tujuan mengubah cara olahraga dirasakan oleh penggemar di seluruh dunia.

Sementara beberapa manajer hebat mengandalkan kejeniusan taktis mereka untuk mengukir diri mereka ke dalam sejarah sepak bola, yang lain mencapai tujuan yang sama dengan menciptakan kondisi yang membawa yang terbaik dari pemain kelas dunia mereka.

Berikut 5 manajer sepakbola terbaik di dunia:

1. Pep Guardiola

Pep Guardiola telah menjadi pembawa obor bagi evolusi sepak bola di era modern. Manajer asal Catalan ini telah mengalami kesuksesan luar biasa dengan metode revolusionernya dan kemungkinan akan tercatat dalam sejarah sebagai pelatih paling sukses yang pernah menghiasi permainan yang indah.

Disadur dari sportskeeda.com, keahlian taktis Guardiola berasal dari masanya sebagai pemain di 'Dream Team' legendaris Johan Cruyff di Barcelona. Ahli taktik Belanda menanamkan rasa identitas yang kuat dalam diri Pep Guardiola dan mengandalkan poros lini tengahnya untuk mempelajari lawan-lawannya di lapangan.

Pep Guardiola mengambil alih tim Barcelona yang sedang berjuang pada tahun 2008 dan mengubah mereka menjadi pemenang treble dalam kurun waktu satu musim. Orang-orang seperti Lionel Messi dan Andres Iniesta berkembang pesat di tim Barcelona yang secara luas dianggap sebagai tim klub terbaik dalam sejarah.

Manajer asal Catalan ini memenangkan tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions dalam empat tahun di Barcelona dan juga memenangkan gelar liga dengan Bayern Munich dan Manchester City. Pep Guardiola baru berusia 49 tahun dan mungkin menemukan dirinya jauh lebih tinggi dalam daftar ini di akhir karirnya.

2. Sir Matt Busby

Sir Matt Busby mencatatkan namanya sebagai orang Skotlandia lainnya dalam daftar manajer hebat Manchester United. Setan Merah berutang banyak dari kesuksesan mereka selama bertahun-tahun karena masa mistis Busby di Manchester United. Selama rentang waktu 25 tahun, Sir Matt Busby memimpin Manchester United meraih lima gelar liga dan Piala Eropa pertamanya.

Disadur dari 90mins.com, mantan pemain Liverpool dan Manchester City ini menandatangani kontrak sebagai pelatih kepala Manchester United setelah perselisihan dengan dewan Liverpool. Orang Skotlandia itu adalah seorang manajer-manusia yang sangat baik dan mengumpulkan 'Busby Babes' yang legendaris. Itu merupakan sebuah tim yang akan mendominasi sepak bola Inggris dan memenangkan tiga gelar liga sebelum bencana udara Munich yang tragis. 

Sir Matt Busby kehilangan banyak pemain bintangnya karena tragedi Munich dan harus membangun kembali sebagian besar timnya setelah tahun 1958. Legenda Manchester United itu megorbitkan karir seorang Bobby Charlton dan Denis Law dan kemudian memenangkan dua gelar liga lagi dengan pemain barunya.

3. Bob Paisley

Bill Shankly mungkin telah meletakkan fondasi kuat Liverpool dan memberikan klub landasan yang kuat tetapi murid setianya Bob Paisley bisa dibilang melebihi harapan dan pencapaiannya. Paisley ditunjuk sebagai manajer Liverpool setelah Shankly pensiun dan membawa raksasa Merseyside ke tingkat tertinggi sepakbola di Inggris dan Eropa.

The Red memang mengalami kesuksesan di liga bersama Bill Shankly tetapi di bawah Bob Paisley, Liverpool bisa dibilang menjadi tim terbaik di Inggris dan di Eropa. Selama periode sembilan tahun di klub, Bob Paisley memenangkan enam gelar liga dan tiga Piala Eropa yang luar biasa dan menjadikan Liverpool klub Inggris paling sukses di kompetisi utama Eropa pada masa itu.

4. Johan Cruyff

Johan Cruyff bisa dibilang memiliki pengaruh terbesar pada sepakbola modern seperti yang kita ketahui. Cruyff juga merupakan satu-satunya nama yang kemungkinan akan hadir dalam daftar pemain terbaik dan manajer terbaik sepanjang masa. 

Disadur dari sportskeeda.com, manajer asal Belanda ini adalah jantung dan jiwa dari setiap tim tempat dia bermain dan memimpin revolusi taktis yang mengejutkan tim di seluruh Eropa. Selain menjadi pemain terhebat pada masanya, Johan Cruyff mempelajari keahliannya sebagai manajer dari Rinus Michels yang legendaris dan memperjuangkan filosofi '' Total Football ''.

Setelah mendapatkan pengalaman berharga dengan Ajax di awal karir manajerialnya, Cruyff pindah ke Barcelona yang dilanda krisis dan merevolusi klub. Legenda Belanda membawa orang-orang seperti Pep Guardiola, Hristo Stoichkov, dan Romario dan memenangkan empat gelar La Liga berturut-turut dan Piala Eropa dengan '' Dream Team '' Barcelona.

5. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson adalah keputusan terbaik ketika datang ke Manchester United. Manajer Skotlandia itu mengambil alih tim Manchester United yang berada di bawah bayang-bayang rival berat Liverpool dan berjanji untuk mengubah lanskap sepakbola Inggris.

Disadur dari bleacherreport.com, Selama karir legendaris yang menghabiskan hampir tiga dekade, Sir Alex Ferguson membuat Manchester United klub paling sukses di Inggris. Manajer asal Skotlandia ini membangun beberapa tim legendaris Manchester United dan menemukan permata seperti Paul Scholes, Ryan Giggs, Rio Ferdinand, dan Cristiano Ronaldo selama karirnya sebagai manajer sepakbola. 

Itulah beberapa manajer sepakbola terbaik sepanjang masa. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak