facebook

3 Tips Menghindari Sikap Pelupa, Bisa Dikembangkan Jadi Hobi!

Rizky Melinda Sari
3 Tips Menghindari Sikap Pelupa, Bisa Dikembangkan Jadi Hobi!
Ilustrasi bermain musik (pexels)

Usia yang masih cukup muda tidak bisa menghindarkan seseorang dari lupa atau pikun. Banyaknya hal yang harus dilakukan dalam keseharian sering membuat kita mudah lupa menaruh sesuatu atau melakukan sesuatu.

Ditambah dengan kemudahan memperoleh informasi tak terbatas melalui internet dan media sosial, semakin membuat otak kita mau tidak mau harus menampung informasi baru setiap saat, meskipun sebenarnya tidak terlalu penting.

Otak yang tidak dilatih lambat laun akan semakin mudah melupakan sesuatu. Ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan agar otak dan pikiran kita tidak mudah lupa atau pikun.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan hobi untuk membuat otak lebih encer dan tidak gampang pikun.

1. Membaca buku

Ketika seseorang sedang melakukan aktivitas membaca, otak akan berfungsi dan merangsang pertumbuhan jalur saraf baru untuk menyerap informasi yang sedang dibaca. Beberapa area pada otak akan berfungsi secara bersamaan untuk mendukung gerakan mata, mencerna kata, dan mencoba memahami isi bacaan.

Membaca dapat melenturkan bagian-bagian otak yang berurusan dengan pemecahan masalah. Membaca juga dapat menumbuhkan imajinasi, sehingga dapat membuat otak tidak kaku. Otak yang terus dilatih dan tidak kaku akan membuat kita mudah mengingat sesuatu.

2. Bermain alat musik

Ketika sedang stres, musik dapat dijadikan pilihan pelarian yang tepat dan praktis. Dengan mendengarkan musik saja, pikiran kita dapat menjadi santai dan tidak kaku. Stres pun dapat diatasi. Ilmuwan neuro telah melakukan penelitian mengenai manfaat musik terhadap aktivitas otak manusia. 

Dengan bermain alat musik, otak kita akan terangsang untuk menyelaraskan antara gerakan anggota tubuh lain seperti tangan, dengan otak agar nada yang dihasilkan dapat sesuai dan tepat. 

3. Berolahraga

Terlalu sering rebahan dan jarang menggerakkan anggota tubuh dapat membuat seseorang mudah lupa karena kurangnya aliran darah ke otak. Dengan berolahraga, tubuh akan menghasilkan sejenis protein yang disebut BDNF atau Brain Derived Neurotrophin Factor yang akan membawa aliran darah menuju otak.

Sel-sel otak akan menyerap protein BDNF yang bertanggung jawab untuk peningkatan kerja otak bagian mengingat memori dan meningkatkan fokus. Dengan demikian, kita tidak akan mudah lupa dan tidak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Itulah 3 tips sederhana yang bisa kamu lakukan dan kembangkan menjadi hobi untuk membantu meningkatkan aktivitas otak dalam mengingat. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak