facebook

Salah Satunya Pikiran kosong, Ini 5 Penyebab Writers Block

Teri Ulandari
Salah Satunya Pikiran kosong, Ini 5 Penyebab Writers Block
ilustrasi seorang yang sedang mengalami writers block.(Pexels/Ivan Samkov)

Seorang penulis akan ada saatnya berada pada fase writers block yaitu kebuntuan dalam menemukan ide. Semua penulis akan merasakannya baik penulis pemula maupun yang sudah senior, baik penulis fiksi maupun nonfiksi, semua penulis pasti akan mengalaminya.

Seorang penulis mengalami writers block disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Perfeksionis

Terlalu memperhatikan kaidah atau aturan dalam menulis. Orang-orang ini adalah orang-orang yang ketika menulis harus sesuai dengan kaidah kepenulisan. Mereka cenderung memperhatikan kaidah sembari menulis. Yang membuat ide yang sudah berada di kepala akhirnya terlupakan karena sibuk mengedit tulisan agar sesuai dengan kaidah. 

2. Sedang ada masalah

Seorang penulis juga manusia biasa yang mengalami masalah dalam kehidupan. Ketika seorang penulis sedang mempunyai masalah, terkadang membuat pikiran mereka tidak fokus kepada naskah yang sedang mereka kerjakan, karena pikiran yang bercabang-cabang, yang membuat ide yang telah ada di siapkan sedari dulu, akhirnya buntu pada tulisan yang sedang mereka kerjakan. 

3. Stres

Stres adalah salah satu penyebab writers block selanjutnya. Seorang penulis pasti pernah berada di fase stres. Apalagi dengan banyaknya masalah yang terjadi, serta naskah yang tak kunjung selesai. Stres yang terus menerus, membuat seorang penulis akhirnya mengalami kebuntuan ide. 

4. Tidak merasa terinspirasi

Penyebab writers block ini yang paling umum terjadi. Ketika kalian telah membaca, menonton film, travelling. Akan tetapi, inspirasi tidak kunjung datang.

5. Pikiran kosong

Ketika kalian sudah berada di depan laptop atau sudah memegang pena, tetapi pikiran kalian kosong, tidak ada satu pun ide muncul. 

Writers block adalah hal yang wajar, tetapi kita juga tidak boleh terus menerus berada fase tersebut. Seorang penulis harus cepat mengambil tindakan ketika mengalami writers block.

Dengan cara mencari suasana baru atau kegiatan baru yang menyenangkan. Writers block juga terkadang pertanda bahwa tubuh kalian juga perlu istirahat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak