facebook

5 Keuntungan Menjadi Penulis, Bisa Menginspirasi!

Teri Ulandari
5 Keuntungan Menjadi Penulis, Bisa Menginspirasi!
ilustrasi seorang penulis yang sedang menjadi pembicara.[Pexels/MathieuSaint]

Apa itu penulis? Penulis adalah profesi yang dilakukan seseorang dengan cara kerja menulis. Mereka menjadikan menulis sebagai pekerjaan mereka. 

Apalagi, di masa pandemi ini banyak sekali bermunculan penulis-penulis baru yang menghiasi dunia literasi, bahkan layar lebar. Semakin merebaknya penulis bermunculan juga platform dan website untuk penulis dan pastinya menghasilkan uang. 

Nah, buat kamu yang masih suka  rebahan sambil bengong, tetapi suka menulis, yuk mulai dari sekarang. Ini lima keuntungan jika kamu menjadi seorang penulis. 

1. Menambah wawasan

Sudah tidak asing, bukan? Kalau orang yang suka menulis pasti suka membaca. Kalau membaca adalah jendela dunia, maka menulis adalah jendela ilmu. Maka dari itu, menulis akan menambah wawasan, karena ketika kalian akan menulis kalian akan membaca dan riset kepenulisan, yang membuat wawasan kalian semakin luas dan bertambah. 

2. Bisa memberikan inspirasi seseorang

Tahukah kalian? Ketika kalian menjadi penulis dan buku-buku kalian sudah diterbitkan. Buku-buku itu bisa memberikan inspirasi banyak orang. Iya dari tulisan kalian orang-orang terinspirasi. Misal, dia yang dulunya anak broken home, setelah membaca tulisan kalian. Ia menjadi sadar menjadi anak broken home tidak lah selamanya buruk. 

Sangat baik bukan, kalian menulis sekalian menginspirasi dan menjadi amal buat kalian nanti.

3. Mendapatkan uang

Wah, kalau yang satu ini adalah hal yang paling di cari, apalagi buat kalian yang telah menjadikan menulis sebagai pekerjaan kalian. Dan lebih baiknya kalian hidup di zaman modern di mana menulis tidak harus menggunakan buku, mesin ketik, serta mengeluarkan uang untuk membiayai ke penerbitan.

Karena, sekarang semuanya semakin canggih, banyak platform penulis dan website yang bisa kalian gunakan untuk menulis dan pastinya menghasilkan uang. Yang kalian lakukan cukup rebahan sambil ngopi, lalu mulai mengetik dari layar ponsel atau laptop kalian dari rumah, tanpa mengeluarkan biaya. Dan uang akan mengalir, tapi ingat harus rajin dan sabar. 

4. Menambah relasi atau teman

Kalian yang sudah berkecimpung dalam dunia literasi akan menemukan banyak sekali teman yang satu visi misi sama kalian. Teman-teman itu dari berbagai daerah, bahkan dunia. Kalian akan saling berkomunikasi dan mendukung satu sama lain. 

5. Melatih komunikasi

Buat kalian yang kesulitan berkomunikasi, ketika kalian sudah masuk ke dunia kepenulisan, komunikasi akan menjadi sarana kalian untuk terhubung dengan pembaca dan sesama penulis, yang membuat kalian semakin lama, semakin baik komunikasinya. Apalagi kalau sudah jadi penulis profesional, kalian akan di undang sebagai pembicara di berbagai tempat. Yang membuat komunikasi kalian akan membaik.

Bagaimana banyak sekali kan keuntungan jika kalian menjadi penulis? Tunggu apalagi, yuk segera menulis! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak