facebook

8 Manfaat Membaca Buku Nonfiksi, Bisa untuk Self Healing

Teri Ulandari
8 Manfaat Membaca Buku Nonfiksi, Bisa untuk Self Healing
illustrasi seseorang sedang membaca buku.(Pexels/Karolina Grabowska)

Pernah mendengar ungkapan,"Membaca adalah jendela dunia"? Pasti sering sekali, apalagi jika kita masuk ke sebuah toko buku atau perpustakaan. Ungkapan tersebut memang benar adanya, sebab buku adalah sumber ilmu yang tidak ada batasannya.

Membaca itu banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan kita, dengan membaca pikiran kalian akan terbuka, kalian pun dapat melihat dunia hanya dengan membaca. Hingga saat ini, banyak beredar jenis atau genre buku mulai dari fiksi hingga nonfikasi. Lalu, apa saja manfaat dari membaca buku yang bergenre, kan, nonfiksi. Berikut ini delapan manfaat yang akan kalian dapatkan dari membaca buku nonfiksi:

1. Menambah wawasan

Pastinya wawasan kalian akan bertambah jika kalian membaca! Membaca itu gudangnya ilmu. Semakin sering membaca semakin bertambah wawasan kalian.

2. Self healing

Membaca bisa menjadi self healing juga, loh, apalagi buat orang yang sangat suka membaca.

3. Melatih pola pikir

Nah, membaca juga melatih pola pikir kalian. Orang-orang yang selama ini pola pikirnya sempit, dengan membaca buku nonfiksi pola pikir mereka akan lebih luas.

4. Mencegah kepikunan dini

Dengan membaca kalian akan terhindar dari penyakit pikun yang sangat mengganggu. Selain itu membaca buku nonfiksi juga mencegah Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit lupa. Salah satu cara mencegah penyakit ini adalah dengan membaca buku non fiksi.

5. Mengubah cara pandang terhadap sesuatu

Tak heran dengan membaca buku nonfiksi cara pandang kalian dalam memaknai sesuatu juga akan berubah, kalian tidak terpaku pada cara pandang yang itu-itu saja, tetapi pandangan kalian dalam memaknai suatu hal akan berubah dan lebih luas.

6. Menambah kosakata

Nah, untuk kalian yang hobi menulis, membaca akan menambah kosakata kalian. Bukan hanya itu, saat berkomunikasi pun kosa kata akan bertambah jika membaca.

7. Mendapatkan inspirasi

Dari buku banyak sekali pengalaman-pengalaman seseorang yang dituangkan dalam buku. Sehingga, pengalaman orang-orang tersebut bisa menjadi inspirasi bagi kalian.

8. Konsentrasi meningkat

Semakin sering kalian membaca buku nonfiksi, semakin meningkat juga konsentrasi kalian. Karena itu para pembaca buku nonfiksi lebih mudah terfokus ketika dalam keseharian, karena seringnya membaca buku nonfiksi.

Itulah delapan manfaat membaca buku nonfiksi, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kalian dapatkan dari membaca buku nonfiksi. Teruslah membaca, ya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak