facebook

Berhenti Beli Buku Bajakan, Ini 4 Aplikasi Baca Gratis dan Legal

Laila RI
Berhenti Beli Buku Bajakan, Ini 4 Aplikasi Baca Gratis dan Legal
Ilustrasi Aplikasi Baca Buku Online (Pixabay)

Banyaknya perdagangan buku bajakan di e-commerce menimbulkan dilema tersendiri. Harga buku original yang cukup mahal seringkali membuat pembeli berpindah ke buku bajakan. Tak perlu merogoh banyak kocek, mereka sudah bisa membaca novel favorit. Akan tetapi, kualitas buku bajakan tentu berbeda dengan buku original, baik dari segi bahan maupun waktu tahan lamanya.

Selain itu, tindakan tak bertanggung jawab tersebut juga merugikan banyak pihak, terutama penerbit dan penulis. Apakah kamu akan tetap memilih membeli bajakan jika sudah tersedia aplikasi baca gratis dan legal?

Aplikasi Baca Gratis dan Legal dengan Akses Mudah

1. Ipusnas

Ipusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang diciptakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dapat diunduh secara gratis di Google Playstore. Kamu bisa daftar sebagai pengguna perpustakaan dengan menggunakan e-mail atau Facebook.

Seperti perpustakaan pada umumnya, pengguna Ipusnas dapat meminjam buku secara percuma dengan batas waktu yang ditentukan. Koleksi yang lengkap dan bervariasi menjadikan aplikasi ini sering dicari oleh para pencinta buku.

2. Wattpad

Aplikasi yang akrab dengan dunia remaja ini mulai dikenal pada tahun 2006, berpusat di Toronto, Kanada. Kamu dapat menjumpai banyak bacaan gratis di sini. Selain membaca, kamu juga bisa mengunggah tulisan lewat aplikasi ini. Dengan kualitas tulisan yang tinggi, tak heran jika beberapa karya telah diangkat menjadi film maupun web series.

3. Storial.co

Platform buatan anak negeri yang satu ini patut kamu coba, loh! Hampir sama dengan wattpad, kamu bisa mengakses bacaan secara gratis. Namun, ada beberapa yang menggunakan koin. Dengan kualitas yang ditawarkan, kamu tak akan rugi jika harus merogoh kocek untuk dapat membaca buku berbayar.

Seperti halnya sebuah buku, di storial.co cerita yang ditampilkan juga dalam bentuk bab. Sehingga kamu tetap bisa merasakan sensasi membaca buku walaupun menggunakan ponsel.

4. Google Book

Siapa yang tak kenal dengan Google? Perusahaan multinasional yang bergerak pada produk internet ini tak hanya menyediakan fitur pencarian web, tetapi juga fitur lain yang memudahkan kamu dalam membaca buku. Cara mengaksesnya pun cukup mudah, kamu tinggal mengetikkan judul buku pada kolom pencarian. Sayangnya, tidak semua buku bisa diakses secara gratis. Beberapa judul buku memang berbayar.

Akan tetapi jangan khawatir, kamu tetap bisa membaca buku gratis dengan mengubah pengaturan. Klik tools “gratis terpopuler” untuk membatasi pencarian hanya pada buku gratis.

Dengan mengakses aplikasi baca gratis dan legal, kamu akan lebih mudah menemukan bacaan menarik tanpa membeli buku bajakan. Selain itu, membaca melalui aplikasi lebih fleksibel karena kamu bisa membukanya kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa buku fisik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak