facebook

9 Cara Mengatasi Writers Block

Teri Ulandari
9 Cara Mengatasi Writers Block
illustrasi tempat yang nyaman ketika writers block.(Antoni Shakraba/Pexels)

Writers block sering kali di alami para penulis dengan berbagai penyebab yang terjadi. Mulai dari rasa takut, pikiran kosong, terlalu perfeksionis, dan masih banyak lagi lainnya. 

Berikut ini cara mengatasi writers block ketika akan menulis:

1. Tulis dulu, edit kemudian

Untuk mengatasi writers block, tulislah apa yang ada di pikiran kalian, tulis dengan bebas, setelah selesai menulis barulah di baca kembali, kemudian edit. 

2. Travelling

Jika kalian tidak mendapatkan inspirasi, coba untuk travelling, siapa tahu saat kalian sedang travelling, inspirasi akan segera menghampiri. 

3. Membaca

Membaca juga menjadi salah satu cara mengatasi writers block yang terjadi. Ketika kalian membaca, ide-ide akan segera kembali menghampiri. 

4. Lihat outline (kerangka cerita) 

Nah, itulah mengapa outline sangat penting, agar saat kalian mengalami kebuntuan ide atau writers block. Kalian bisa membaca outline yang telah kalian buat.

5. Ingat niat pertama kalian menulis

Ketika kalian mengalami writers block, coba ingat-ingat kenapa kalian menulis? Bagaimana awal kalian menulis? Bagaimana perjuangan kalian untuk sampai di titik itu? Maka, writers block yang sedang kalian alami akan hilang, dengan semangat yang kembali menggebu. 

6. Menonton film

Cara berikut ini juga sangat ampuh untuk mengatasi writers block, karena selain mendapatkan ide, kalian juga akan terhibur. 

7. Cari kegiatan yang membuat bahagia

Jika kalian mengalami writers block, carilah kegiatan yang membuat kalian bahagia. Misal, berkebun, berolahraga, menyanyi, kumpul bersama teman

8. Buatlah tempat senyaman mungkin untuk menulis

Tempat yang nyaman akan membuat kalian lebih rileks. Maka dari itu, carilah tempat yang terhindar dari gangguan atau hening, atau kalian dekor tempat menulis kalian dengan hal-hal yang membuat kalian nyaman. 

9. Istirahat

Tubuh kalian juga butuh istirahat, cobalah istirahat sejenak ketika mengalami writers block. Refresh kan pikiran. Misal, tidurlah sejenak. 

Itulah sembilan cara mengatasi writers block, semoga dari sembilan cara itu bisa mengatasi writers block kalian, ya, semangat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak