facebook

Journaling: Hobi Menulis sebagai Media Penyimpan Memori Jangka Panjang

Rizky Melinda Sari
Journaling: Hobi Menulis sebagai Media Penyimpan Memori Jangka Panjang
Ilustrasi buku jurnal. (pexels)

Mengabadikan momen tidak hanya dapat dilakukan melalui foto dan kamera. Salah satu kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sekaligus sebagai media untuk mengabadikan momen adalah membuat catatan harian atau journaling.

Kegiatan menulis atau journaling merupakan sebuah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa pun, tidak terbatas usia. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah pulpen dan selembar kertas. Kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat melakukan journaling antara lain mampu mengabadikan momen, meningkatkan daya kreativitas, sebagai sarana relaksasi, melatih motorik, sebagai ajang menghargai dan menyayangi diri sendiri, hingga sebagai bentuk kasih sayang terhadap diri sendiri dan orang lain.

Dengan rutin menuliskan hal-hal yang terjadi selama 24 jam terakhir, kita jadi merasa bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk hidup satu hari lagi. Kegiatan menuliskan ulang kejadian yang dialami selama satu hari penuh juga dapat berfungsi sebagai recall memori.

Aku pribadi mulai ketagihan menulis jurnal sejak masa pandemi ini. Awalnya aku ragu karena merasa tidak akan ada hal-hal istimewa yang akan terjadi dengan melakukan segala sesuatu di rumah. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur, semua kegiatan dilakukan di dalam rumah dan tidak jauh dari kamar. 

Ternyata, setelah mencoba beberapa hari menulis catatan harian, aku jadi merasa lebih bahagia. Dengan menulis hal-hal yang terjadi, tanpa sadar kita akan mengingat berbagai kejadian serta orang-orang yang terlibat di dalamnya. Kita jadi tahu hal menyenangkan apa yang terjadi tadi siang atau hal menyedihkan apa yang mengganggu pikiran kita sepanjang hari tadi.

Membuat journaling juga membuatku menjadi pribadi yang lebih sering bersyukur. Dibalik lelahnya dan bosannya menjalani hari dengan mendekam di dalam rumah, ternyata masih ada banyak kenikmatan yang bisa dicicipi seperti makan masakan mama, dan bergabung dengan kelas beberapa menit sebelum mulai yang pastinya tidak bisa dilakukan jika tidak sekolah atau kuliah via online.

Kegiatan journaling lambat laun menjadi semacam hobi dan kebutuhan yang tidak bisa aku tinggalkan. Setiap hari, aku selalu membuat sebuah catatan, entah pencapaian yang berhasil diraih selama 24 jam terahir, kejadian-kejadian lucu bahkan memalukan, atau momen-monen istimewa tertentu. 

Kamu juga bisa menjadikan journaling sebagai hobi baru karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak usah minder dengan tulisan yang tidak rapi, tidak memiliki jiwa seni, tidak memiliki buku harian yang mahal, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah pulpen dan selembar kertas, lalu tulis perasaanmu selama menjalani hidup seharian ini.

Jadikan kegiatan journaling sebagai salah satu media untuk menyimpan kenangan! Selain murah, kamu juga bisa melatih jiwa seni, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak