facebook

5 Manfaat Hobi Menulis, Bisa Usir Stres

Teri Ulandari
5 Manfaat Hobi Menulis, Bisa Usir Stres
Ilustrasi Penulis. (pexels).

Di era zaman sekarang banyak sekali tempat untuk kita menuangkan isi pikiran kita melalui tulisan, tidak hanya pada buku. Kita bisa menuangkannya pada smartphone, sosial media, handphone, laptop, dan masih banyak lagi lainnya.  Berikut lima manfaat yang bisa kalian dapatkan dari menulis:

1. Menghilangkan stres

Menulis bisa menghilangkan stress yang memenuhi isi kepala. Kalian tuliskan segala kesedihan, kemarahan, kekecewaan di dalam hati dan pikiran kalian. Setelah itu, selesai mencurahkan semuanya dalam bentuk tulisan. Pikiran dan hati kalian akan tenang. 

2. Media beropini

Untuk kalian yang sulit untuk berkata-kata di depan umum, kalian bisa menuliskan apa yang ingin kalian opinikan tentang suatu hal. Cara ini merupakan salah satu cara untuk kalian dalam menyuarakan pendapat. 

3. Meningkatkan kreativitas

Menulis dapat meningkatkan kretivitas. Dalam menulis kalian di ajak untuk selalu memikirkan segala sesuatu yang kalian tuliskan. Kenapa terjadi? Bagaimana solusinya? Sehingga tanpa di sadari, kalian telah mendapatkan solusi-solusi kreatif dalam memecahkan masalah yang terjadi. 

4. Melatih daya ingat

Menulis juga merupakan cara untuk kita melatih daya ingat. Saat menulis otak kita terus di ajak berpikir. Karena, seringnya di ajak berpikir, daya ingat kita pun akan terlatih dan tentunya mencegah pikun di usia muda. 

5. Menghasilkan uang

Sekarang banyak sekali pekerjaan dari menulis yang bisa menghasilkan uang. Seperti, content writer, copy writer, penulis novel (ini ada juga, platform menulis onlinenya), dan masih banyak lagi lainnya. Seru, bukan? Apalagi buat yang hobi menulis, kesenangannya menjadi dua kali lipat, menyalurkan hobi dan menghasilkan uang. 

Itulah lima manfaat yang kalian dapatkan dari menulis, bagaimana seru, bukan? Jadi, menulis itu bukan hanya sekedar menulis, tetapi banyak beragam manfaat yang kalian dapatkan dari menulis. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak