facebook

Sistem Gacha dan Keresahan Para Gamers Terhadap Industri Gim Modern

Armand IS
Sistem Gacha dan Keresahan Para Gamers Terhadap Industri Gim Modern
Ilustrasi Mobile Gaming (Unsplash/SCREEN POST)

Sistem gacha merupakan sebuah konsep yang awalnya unik, tetapi kian lama menjadi semakin menjengkelkan. Untuk yang masih awam dengan gacha, istilah tersebut dapat dipahami sebagai hadiah dalam sebuah gim (umumnya gim online dan mobile) yang berupa sebuah kotak hadiah dengan konten yang bersifat acak. 

Isi dari kotak hadiah tersebut dapat memiliki berbagai tingkat nilai kelangkaan dari item yang didapatkan. Tidak jarang, hadiah yang didapatkan merupakan perlengkapan yang dapat membantu pemain untuk lebih unggul dan mempermudah dalam permainan. Namun, semakin tinggi kualitas atau nilai sebuah item, semakin langka dan kecil peluangnya untuk didapatkan. Sehingga, sistem gacha sangat mengandalkan keberuntungan belaka.

Awal mulanya sistem gacha

Sistem gacha diperkenalkan dalam bentuk loot box oleh beberapa gim seperti CSGO, Star Wars: Battlefront 2, dan belakangan ini dipopulerkan oleh gim seperti Genshin ImpactLoot box tersebut berisi berbagai objek yang oleh beberapa gim bersifat visual saja, sehingga hanya mengubah tampilan dari karakter tanpa mengubah kemampuan dari karakter yang kita mainkan. Namun, beberapa gim lainnya menyertakan item yang memberikan keuntungan besar bagi pemainnya dalam bentuk item yang langka.

Keresahan para gamers terhadap sistem gacha yang menggerogoti industri gim modern

Awalnya, sistem gacha merupakan sistem yang diminati karena berpeluang untuk mendapatkan item acak dengan berbagai kualitas merupakan pengalaman yang memacu adrenalin. Namun, saat sistem gacha diimplementasikan menjadi mekanik utama dalam sebuah permainan, mengakibatkan permainan tersebut hanya mengandalkan keberuntungan bagi mereka yang memperoleh item langka tersebut.

Tidak jarang beberapa gim memberikan fitur bagi pemainnya untuk membeli loot box atau kotak hadiah dengan konten acak. Sehingga, semakin banyak loot box yang dibeli, akan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan item yang membantu pemainnya lebih unggul daripada pemain lainnya. Hal tersebut tentu membuat keunggulan bagi pemain yang rela merogoh saku untuk memperoleh item yang langka, dan membuat pemain lainnya tertinggal. Kasarnya, sistem ini membuat para pemain yang lebih "kaya" mengungguli pemain lainnya yang tidak bersedia untuk membayar uang lebih demi mendapatkan item yang bagus.

Gacha identik dengan perjudian dan mengandalkan hoki belaka

Kritik terhadap sistem gacha mulai dilayangkan oleh pihak media seperti Yomiuri Shimbun (5/2012) yang menyuarakan keresahan mereka terhadap para pemuda di Jepang yang mulai ketagihan dengan gim bersistem gacha. Pemuda-pemuda yang belum matang psikisnya dapat kecanduan gim gacha layaknya sebuah perjudian dan harus mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan item yang mereka inginkan.

Layaknya sebuah permainan judi, sistem gacha membuat sebuah gim hanya mengandalkan hoki ketimbang kemampuan. Pemain dengan kemampuan dan pemahaman yang mendalam mengenai mekanik gim dapat mudah dikalahkan oleh orang-orang yang mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan item yang membuat mereka lebih unggul. Sehingga, sebuah gim hanya mengandalkan uang yang dikeluarkan dan hoki mendapatkan item langka berkualitas tinggi.

Sistem gacha merupakan sebuah sistem yang bagi beberapa pihak meresahkan. Rasa ketagihan yang ditimbulkan dari peluang mendapatkan item secara acak mendorong para gamers untuk membeli kucing di dalam karung dan bertaruh uang sungguhan demi benda virtual. Bagaimana denganmu? Apakah kamu termasuk para penentang atau pendukung sistem gacha?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak